Kompas TV internasional kompas dunia

Wow, Warga Alaska Dapat Pembagian Keuntungan Produksi Minyak, Rp20,2 Juta per Kepala

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 18:26 WIB
wow-warga-alaska-dapat-pembagian-keuntungan-produksi-minyak-rp20-2-juta-per-kepala
Hampir setiap penduduk di Alaska akan menerima cek sebesar USD1,312 atau Rp20,2 Juta per kepala mulai minggu ini. Cek ini merupakan bagian tahunan dari pendapatan dana minyak negara bagian ini. Artinya, setiap warga negara bagian, miskin atau kaya, mendapat hak bagian keuntungan produksi dan penjualan minyak negara bagian Amerika Serikat itu. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

JUNEAU, KOMPAS.TV - Hampir setiap penduduk di Alaska akan menerima cek sebesar USD1,312 atau Rp20,2 Juta per kepala mulai minggu ini, seperti dikutip Associated Press, Kamis (5/10/2023).

Pembagian ini merupakan keuntungan tahunan dari pendapatan dana produksi minyak negara bagian ini. Artinya, setiap warga negara bagian, miskin atau kaya, mendapat hak bagian keuntungan produksi dan penjualan minyak negara bagian Amerika Serikat itu.

Sebagian penduduk menggunakan uang ini untuk liburan ke tempat tropis, sementara yang lain, terutama di wilayah Alaska yang biayanya tinggi, di mana pekerjaan dan perumahan terbatas, menggunakannya untuk membeli bahan bakar pemanas rumah atau mesin salju yang sangat penting untuk transportasi.

Namun manfaat yang unik ini, khusus untuk Alaska, adalah berkah sekaligus kutukan selama beberapa dekade karena siklus naik-turun produksi dan harga minyak, dan sekarang bersaing dengan layanan seperti pendidikan publik, program perawatan kesehatan, dan keamanan publik untuk mendapat pendanaan, saat legislator Alaska menggunakan pendapatan tersebut untuk membantu mendanai anggaran negara bagian mereka.

Perselisihan mengenai besaran cek minyak mengakibatkan kebuntuan legislatif di Alaska, dan proposal Senat Alaska yang bertujuan untuk menyelesaikan perdebatan mengenai dividen ini tahun ini gagal tanpa adanya kesepakatan.

Saat Alaska berjuang untuk menarik pekerja dan menghentikan tren berpindahnya penduduk selama bertahun-tahun, beberapa warga Alaska bertanya-tanya bagaimana dividen ini akan berperan dalam masa depan negara bagian mereka yang tidak memiliki pajak penghasilan atau pajak penjualan di seluruh negara bagian.

“Anda tidak bisa mengembangkan sesuatu tanpa berinvestasi di dalamnya, dan kami tidak menginvestasikan uang ini dalam pendidikan, sistem universitas kami, perawatan anak. Kami tidak menginvestasikan dana tersebut dalam layanan inti yang akan membantu pertumbuhan negara bagian kami,” kata Caroline Storm, yang memimpin kelompok advokasi pendidikan di Alaska, dan mengatakan bahwa anak tirinya meninggalkan Alaska setelah lulus SMA karena mereka tidak melihat peluang bagi diri mereka sendiri.

Tahun ini, Badan Legislatif negara bagian Alaska menyetujui peningkatan dana sebesar USD175 juta atau Rp2,7 triliun untuk sekolah-sekolah di Alaska sebagai tanggapan terhadap permohonan dari administrator sekolah yang mengatakan mereka dipaksa untuk mengurangi program atau meningkatkan kapasitas murid untuk kelas. Tetapi Gubernur Republik Alaska, Mike Dunleavy memotong pendanaan tersebut menjadi setengahnya.

Pemimpin Mayoritas Senat Alaska, Cathy Giessel, seorang anggota Partai Republik yang mendorong program pensiun baru sebagai cara untuk mempertahankan pekerja negara bagian Alaska, mengatakan dia bimbang mengenai dividen ini.

Baca Juga: Ikan Monster Ditemukan di Alaska, Miliki Gigi Setajam Silet

Hampir setiap penduduk di Alaska akan menerima cek sebesar USD1,312 atau Rp20,2 juta per kepala mulai minggu ini. Cek ini merupakan bagian tahunan dari pendapatan dana minyak negara bagian ini. Artinya, setiap warga negara bagian, miskin atau kaya, mendapat hak bagian keuntungan produksi dan penjualan minyak negara bagian Amerika Serikat itu. (Sumber: Kompastv/Ant)

“Saya memahami ada keluarga yang mengandalkan dana ini, dan ketergantungan ini meningkat seiring dengan besarnya dividen. Ini adalah penyesuaian yang sulit dalam situasi seperti itu,” kata dia.

“Tetapi pada saat yang sama, jika ekonomi kami lebih kuat dan ada peluang kerja dengan upah yang layak serta program pensiun untuk pegawai negeri di Alaska, orang-orang tidak akan terlalu bergantung pada dividen.”

Warga Alaska menerima cek yang dikenal sebagai Dividen Dana Permanen sejak tahun 1982, sekitar enam tahun setelah para pemilih di Alaska menciptakan Dana Permanen sebagai cadangan kekayaan minyak untuk generasi mendatang.

Dana ini dijamin dalam konstitusi negara bagian Alaska, yang menentukan bahwa setidaknya 25% dari sewa mineral, royalti, dan pendapatan lain yang terkait dengan pengembangan minyak dan mineral di Alaska harus masuk ke dalam mangkok dana tersebut.

Prinsipal dana ini dilindungi oleh konstitusi, tetapi pendapatannya dapat digunakan. Nah, dividen atau pembagian keuntungan ini yang tidak ada dalam konstitusi negara bagian Alaska.

Pedagang seperti jaringan perabotan La-Z-Boy dan Alaska Airlines menjalankan kampanye penjualan bersamaan dengan distribusi uang tunai, yang dimulai minggu ini dengan deposit langsung. Cek rata-rata selama 42 tahun program ini berjalan adalah sekitar USD1.200 atau Rp18,6 juta per kepala.

Cynthia Erickson, yang tinggal di desa dalam wilayah Tanana, sekitar 209 kilometer barat Fairbanks, mengatakan bahwa jumlah yang dibagikan kepada setiap warga tidak akan cukup dalam komunitas sekitar 220 orang di mana barang-barang harus dibawa dengan pesawat atau kapal.

Bensin di sana seharga USD7,79 per galon atau sekitar Rp120 ribu per galon, setara dengan Rp32 ribu per liter, dan keruntuhan perikanan salmon serta musim berburu rusa yang buruk telah berarti bahwa freezer para penduduk Alaska tidak penuh menuju musim dingin.

Tetapi cek ini "lebih baik daripada tidak ada sama sekali," kata Erickson, yang menjalankan toko kelontong dan penginapan. Bagi banyak orang di wilayah ini, uang tersebut membantu membayar tagihan, seperti bahan bakar atau listrik, atau membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari, katanya.

Sementara para legislator Alaska mempertimbangkan masa depan dividen ini, Erickson mendukung "sesuatu yang masuk akal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Kami tidak ingin yang terlalu besar yang bisa habis. Kami ingin membuatnya konsisten sehingga akan bertahan lebih lama, dan jumlah yang adil. Apa pun yang membuat kami bahagia, apa pun yang membantu.”



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x