Kompas TV internasional kompas dunia

20 Oktober Jadi Hari Statistik Sedunia: Sejarah dan Pentingnya dalam Kehidupan

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 01:00 WIB
20-oktober-jadi-hari-statistik-sedunia-sejarah-dan-pentingnya-dalam-kehidupan
Ilustrasi Statistik (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Statistik Sedunia, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Oktober, adalah momen yang berharga untuk merenung tentang betapa pentingnya data dan statistik dalam membentuk dan meningkatkan kehidupan sehari-hari kita.

Meskipun seringkali dianggap sebagai konsep yang rumit, faktanya statistik memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan, pemahaman dunia, dan bahkan dalam meningkatkan kualitas hidup kita.

Dikutip dari National Today, berikut ini adalah sejarah hingga pentingnya Hari Statistik Sedunia yang memiliki dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Sejarah Hari Statistik Sedunia

Hari Statistik Sedunia ditetapkan pada tahun 2010 oleh Komisi Statistik PBB untuk menyoroti pentingnya statistik dan pentingnya penelitian akademis terhadap perkembangan masyarakat sipil dan bisnis.

Hari Statistik Sedunia bertujuan untuk mengakui pentingnya statistik dalam kehidupan kita, seperti layanan kesehatan, hukum, keuangan, sains, pendidikan, atau kebiasaan belanja. Sstatistik membuat kita sadar akan fakta dan mengungkapkan informasi penting dalam bahasa angka.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, termasuk bagaimana kita bertumbuh, berkeluarga, bekerja di industri pilihan kita, dan memutuskan di mana kita akan tinggal, dapat dipelajari dan diperiksa dalam statistik.

Statistik ini digunakan oleh pemerintah dan lembaga lain untuk membantu membuat rencana di tahun-tahun mendatang. Para profesional seperti ahli matematika, perencana kota, perusahaan, pemasar digital, dan ilmuwan sosial juga sangat bergantung pada statistik untuk proses pengambilan keputusan mereka.

Angka-angka ini memberi kita fakta nyata dan, sebagian besar, menghilangkan faktor subjektif lain yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Statistik terus mempengaruhi cara negara dan pemerintah memilih dan memperdagangkan sumber daya.

Baca Juga: Hari Statistik Nasional 2023: Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju

Secara resmi, Hari Statistik Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pencapaian statistik yang didasarkan pada nilai-nilai inti pelayanan, profesionalisme, dan integritas pada tahun 2010.

Divisi Statistik Departemen Urusan Perekonomian Perserikatan Bangsa-Bangsa bertugas merencanakan dan mengkoordinasikan hal ini secara global.

Hari internasional ini hanya terjadi setiap lima tahun sekali, dan perayaan berikutnya dijadwalkan pada tahun 2025, yang jatuh tempo dalam tiga tahun. Statistik yang dapat diandalkan dan tepat waktu merupakan indikator kemajuan suatu negara.


 

Mungkin hal ini dapat menjadi alasan di balik keputusan dalam memperingati Hari Statistik Sedunia setiap setengah dekade, yang memberikan kesempatan bagi negara-negara, masyarakatnya, dan dunia untuk tumbuh, beradaptasi, dan menghasilkan statistik berkualitas melalui cara hidup yang mereka pilih.

Baca Juga: Badan Pusat Statistik Apel Siaga Sensus Pertanian

Garis Waktu Hari Statistik Sedunia

  • 1947: Komisi Statistik PBB didirikan di New York City.
  • 1994: Prinsip-Prinsip Dasar Statistik Resmi diadopsi oleh Komisi Statistik PBB.
  • 1999: Komisi Statistik PBB memutuskan untuk mengadakan pertemuan setiap tahun ke depan.
  • 2010: Hari Statistik Sedunia secara resmi ditetapkan pada sidang ke-41 Komisi Statistik PBB dengan tema "Merayakan banyak pencapaian statistik resmi."

Cara Memperingati Hari Statistik Sedunia

  • Membaca laporan statistik yang mencakup berbagai topik dan memberikan data serta analisis yang berharga,
  • Mencatat setiap kali menggunakan statistik dalam aktivitas sehari-hari,
  • Mengikuti kuis statistik untuk belajar informasi baru yang menarik.

Baca Juga: Badan Pusat Statistik Aceh Rilis Angka Inflasi Aceh

Pentingnya Hari Statistik Sedunia

1. Merencanakan Masa Depan

Statistik sangat berharga dalam perencanaan jangka panjang untuk masa depan kota dan negara. Kita akan tersesat tanpa statistik, karena statistik mempengaruhi keputusan yang berdampak pada jutaan hingga miliaran orang.

2. Menunjukkan Bagaimana Kita Hidup

Saat kita memperingati Hari Statistik Sedunia, kita secara sadar meneliti dan mencari data yang relevan. Informasi ini sangat menarik dan dapat memberi informasi kepada kita sehingga dapat mengubah cara kita melakukan sesuatu.

3. Menghormati Populasi dan Manusia

Statistik menghormati peran dan pentingnya statistik dalam menganalisis berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, dengan memperingati Hari Statistik Sedunia, kita mengakui peran vital statistik dalam kehidupan kita dan cara kita menjalani kehidupan sehari-hari.




Sumber : National Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x