Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Serang Bandara di Damaskus dan Aleppo, Konflik Semakin Meluas

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 13:45 WIB
israel-serang-bandara-di-damaskus-dan-aleppo-konflik-semakin-meluas
Petugas medis Palestina mengelilingi seorang bayi yang luka parah akibat pengeboman Israel di Khan Younis, Gaza, Sabtu, 21 Oktober 2023. Israel juga melancarkan serangan udara terhadap dua bandara di Suriah, Minggu (22/10/2023), menghantam bandara Damaskus, dan Aleppo, menewaskan satu orang. Landasan pacu bandara rusak dilaporkan dan tidak dapat digunakan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Israel melancarkan serangan udara terhadap dua bandara di Suriah, Minggu (22/10/2023). Serangan itu menghantam bandara internasional ibu kota Suriah, Damaskus, dan kota utara Aleppo, menewaskan satu orang. Landasan pacu bandara dilaporkan rusak dan tidak dapat digunakan.

Serangan ini merupakan serangan kedua dalam sebulan terakhir terhadap bandara internasional Damaskus dan ketiga terhadap bandara Aleppo, yang terjadi seiring meningkatnya ketegangan di Timur Tengah akibat perang Israel-Hamas, sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press.

Media negara Suriah mengutip seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya, menyatakan bandara-bandara tersebut diserang oleh militer Israel dari Laut Tengah di sebelah barat dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki oleh Israel di selatan Suriah. Dilaporkan bahwa seorang staf tewas dan yang lainnya luka di Damaskus, ditambah kerusakan materiil.

Militer Israel belum memberikan komentar resmi terkait serangan ini.

Sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober lalu, Israel telah melakukan sejumlah serangan di Suriah, termasuk satu di bandara Damaskus dan dua di bandara Aleppo yang mengakibatkan kedua bandara tersebut tidak dapat digunakan.

Penerbangan diarahkan ke bandara internasional di provinsi pesisir Latakia.

Baca Juga: Di KTT Kairo, bahkan Pemimpin Arab yang Damai dengan Israel Ungkapkan Kemarahan atas Perang Gaza

Petugas medis Palestina menolong perempuan muda yang luka parah akibat pemboman Israel di Khan Younis, Gaza, Sabtu, 21 Oktober 2023. Israel juga melancarkan serangan udara terhadap dua bandara di Suriah hari Minggu, (22/10/2023) menghantam bandara Damaskus, dan Aleppo, menewaskan satu orang. Landasan pacu bandara rusak dilaporkan dan tidak dapat digunakan. (Sumber: AP Photo)

Israel menargetkan bandara dan pelabuhan laut di wilayah Suriah yang dikuasai pemerintah sebagai upaya mencegah kiriman senjata dari Iran ke kelompok Hizbullah yang didukung oleh Teheran, termasuk Hizbullah di Lebanon.

Ribuan kombatan yang didukung oleh Iran dari berbagai wilayah bergabung dalam konflik Suriah selama 12 tahun, membantu memengaruhi keseimbangan kekuatan yang mendukung pasukan Presiden Bashar Al-Assad.


Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap target di wilayah Suriah yang dikuasai pemerintah dalam beberapa tahun terakhir, termasuk serangan terhadap bandara Damaskus dan Aleppo, tetapi jarang mengakui atau membahas operasi-operasi tersebut.

Perang yang memasuki hari ke-16 pada hari Minggu adalah yang paling mematikan dalam lima perang Gaza bagi kedua belah pihak.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola oleh Hamas mengatakan pada Sabtu bahwa jumlah korban tewas telah mencapai 4.385, sementara 13.561 orang telah terluka.

Lebih dari 1.400 orang di Israel tewas, sebagian besar dalam serangan awal pada 7 Oktober ketika kelompok militan Hamas menyerbu Israel. Selain itu, 203 orang diyakini ditawan oleh Hamas selama serbuan tersebut dan dibawa ke Gaza, kata militer Israel.

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x