Kompas TV internasional kompas dunia

China Desak Gencatan Senjata di Gaza, Siap Bantu Perundingan Damai Israel-Palestina

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 17:03 WIB
china-desak-gencatan-senjata-di-gaza-siap-bantu-perundingan-damai-israel-palestina
Seorang petugas medis memeluk bayi yang terluka dalam serangan udara Israel di Deir el-Balah, Jalur Gaza, wilayah Palestina yang berada di bawah blokade Israel sejak 2007, Minggu, 22 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Ali Mahmoud)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

GAZA, KOMPAS.TV - China mendesak ditetapkannya gencatan senjata di Gaza dan menyatakan siap membantu perundingan damai Israel-Palestina.

Diplomat veteran China, Zhai Jun, saat ini sedang berkunjung ke kawasan Timur Tengah. Dalam kunjungannya itu, ia mengatakan situasi di Gaza “sangat serius".

Selain itu, Zhai mengaku "khawatir" dengan potensi konflik darat berskala besar dan konflik bersenjata yang bisa menyebar ke negara-negara tetangga.

Dia memastikan China akan melanjutkan komunikasi yang erat dengan semua pihak dalam komunitas internasional demi terciptanya perdamaian.

Sebelumnya, dalam acara Pertemuan Puncak Perdamaian di Kairo, Mesir, Minggu (22/10/2023), Zhai menyerukan “gencatan senjata segera dan diakhirinya pertempuran secepat mungkin”.

"China percaya bahwa kekerasan bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah dan menanggapi kekerasan dengan kekerasan hanya akan mengarah pada lingkaran setan balas dendam,” kata Zhai, dikutip dari Al Jazeera.

Baca Juga: 18 Jurnalis Palestina Terbunuh di Gaza Gegara Serangan Israel, Pelanggaran Berat Hukum Internasional

Beijing memelihara hubungan baik dengan Israel tetapi juga mendukung perjuangan Palestina selama beberapa dekade terakhir.




Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x