Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Daftar Lengkap Pembunuhan Massal di Amerika Serikat Sejak Januari Tahun 2023

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 14:06 WIB
ini-daftar-lengkap-pembunuhan-massal-di-amerika-serikat-sejak-januari-tahun-2023
Terjadi penembakan massal di Lewiston, Maine, Amerika Serikat, Rabu, (25/10/2023) yang dilaporkan menewaskan 22 Orang. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pembunuhan massal terbaru di Amerika Serikat terjadi Rabu malam, (25/10/2023) di Lewiston, Maine, ketika seorang pria menembak orang-orang di sebuah tempat bowling dan bar, menewaskan setidaknya 22 orang, demikian disampaikan oleh dua petugas penegak hukum kepada The Associated Press. Selain itu, puluhan orang juga terluka.

Kejadian di Lewiston ini diumumkan sekitar pukul 8 malam waktu setempat ketika kantor sheriff melaporkan bahwa polisi sedang menyelidiki "dua peristiwa penembakan yang sedang terjadi."

Pria yang diidentifikasi sebagai pelaku pembunuhan massal di Maine adalah seorang instruktur senjata api yang dilatih oleh militer dan baru-baru ini dirawat di fasilitas kesehatan mental, sesuai dengan buletin polisi negara bagian.

Pembunuhan ini adalah kejadian pembunuhan massal ke-36 di negara ini tahun ini, menurut basis data yang dikelola The Associated Press dan USA Today bekerjasama dengan Northeastern University.

Setidaknya 188 orang telah meninggal dalam kejadian-kejadian tersebut. Kejadian-kejadian ini didefinisikan sebagai peristiwa di mana empat atau lebih orang tewas dalam periode 24 jam, tanpa termasuk pelaku, dengan definisi yang sama yang digunakan oleh FBI.

Hingga tahun ini, Amerika Serikat mencatat jumlah kejadian pembunuhan massal dan kematian tertinggi kedua yang pernah tercatat hingga saat ini dalam satu tahun.

Hanya tahun 2019 yang memiliki lebih banyak pembunuhan massal. Menurut basis data yang mencatat lebih dari 560 pembunuhan massal sejak 2006, dengan setidaknya 2.900 orang tewas dan setidaknya 2.000 orang terluka.

Inilah yang terjadi dalam pembunuhan massal lainnya di Amerika Serikat tahun ini, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Kamis, (26/10/2023).

Baca Juga: Penembakan di Maine AS Tewaskan 22 Orang dan Lukai 60 Orang, Polisi Buru Pelaku

Pelaku penembakan massal di Lewiston, Maine, Amerika Serikat, Rabu, (25/10/2023) yang dilaporkan menewaskan 22 Orang. (Sumber: AP Photo)

Romeoville, Illinois, 17 September

Sebuah pasangan, kedua anak mereka yang berusia 7 dan 9 tahun, dan tiga anjing ditemukan tewas tertembak di rumah mereka di pinggiran Chicago. Kepolisian diminta untuk memeriksa keluarga itu setelah salah satu anggota keluarga tidak datang bekerja pagi itu dan panggilan telepon tidak dijawab, kata pihak berwenang. Seorang pria berusia 32 tahun dicurigai dalam kasus ini. Ia meninggal beberapa hari setelah itu dalam kecelakaan di Oklahoma bersama seorang penumpang dan memiliki hubungan dengan para korban, kata polisi.

Lake Township, Ohio, 24 Agustus

Lima anggota keluarga, termasuk tiga anak, ditemukan tewas di rumah mereka di Lake Township, Ohio, oleh polisi yang melakukan pemeriksaan kesejahteraan. Otoritas mengatakan suami dan istri serta dua putri dan putra mereka meninggal akibat tembakan, dan kematian mereka diselidiki sebagai sengketa rumah tangga yang berujung fatal. Belum jelas siapa yang menembakkan tembakan tersebut.

Oklahoma City, 16 Agustus

Polisi di Oklahoma City mengatakan seorang pria berusia 28 tahun menembak mati tiga anak kecil yang berusia 9, 5, dan 2 tahun, serta istrinya yang telah berpisah sebelum menembak mati dirinya sendiri. Petugas datang ke rumah keluarga itu setelah laporan tentang keributan dalam rumah tangga. Otoritas menjelaskan bahwa pasangan itu menikah namun telah berpisah, dan polisi tidak pernah dipanggil ke rumah mereka sebelumnya karena masalah rumah tangga. Mereka juga menambahkan bahwa penyelidik belum menentukan motifnya.

Hampton, Georgia, 15 Juli

Seorang pria berusia 40 tahun dituduh menembak mati empat orang yang semuanya berusia 60-an di pinggiran Atlanta. Polisi mengatakan motif pria tersebut tidak langsung jelas. Pembunuhan ini memicu pencarian besar-besaran yang berakhir dengan baku tembak yang menewaskan pria itu di pinggiran kota lain sekitar 24 kilometer dari lokasi pembunuhan tersebut. Pertukaran tembakan tersebut melukai seorang deputi sheriff dan dua petugas polisi.

Shreveport, Louisiana, 4 Juli

Beberapa pria diduga terlibat dalam pertukaran tembakan saat pesta tahunan Hari Kemerdekaan sebelum tengah malam, menewaskan setidaknya empat orang dan melukai setidaknya tujuh lainnya, menurut polisi. Tersangka tidak segera diidentifikasi, dan penangkapan tidak segera dilakukan.

Philadelphia, 3 Juli

Seorang pria berusia 40 tahun dituduh menembak secara acak dengan senjata api jenis AR-15, menewaskan empat orang dan melukai empat orang lain, termasuk seorang anak berusia 2 tahun, di sebuah lingkungan di barat daya Philadelphia. Otoritas mengatakan pria tersebut menembak mati seseorang lain di rumah berderet pada hari sebelumnya.

Green Pond, South Carolina, 2 Juli

Seorang pria berusia 33 tahun dituduh membunuh saudara ipar dan putrinya yang berusia 11 tahun setelah otoritas menemukan enam orang tewas dan satu orang dalam kondisi kritis di sebuah rumah saat merespons laporan tentang kebakaran dan penusukan, kata pejabat. Mereka tidak segera mengungkapkan motifnya. Pria itu kemudian dituduh dalam kasus kematian lainnya, menurut laporan media.

Kellogg, Idaho, 18 Juni

Seorang pria berusia 31 tahun dituduh menembak mati empat anggota keluarga tetangga di apartemen mereka pada Hari Ayah. Pria tersebut marah karena anak laki-laki tetangganya yang berusia 18 tahun dilaporkan telah menampakkan diri kepada anak-anaknya, menurut dokumen polisi.

Baca Juga: Empat Orang Tewas dan Empat Lainnya Luka-luka dalam Penembakan Massal di Philadelphia

Hingga saat ini Amerika Serikat mencatat jumlah kejadian pembunuhan massal dan kematian tertinggi kedua dalam satu tahun. Hanya tahun 2019 yang mencatat lebih banyak pembunuhan massal. Menurut basis data terjadi lebih dari 560 pembunuhan massal sejak 2006, dengan setidaknya 2.900 orang tewas dan 2.000 orang terluka. (Sumber: AP Photo)

Sequatchie, Tennessee, 15 Juni

Seorang pria berusia 48 tahun diduga bertanggung jawab atas kematian dirinya sendiri dan lima orang lainnya, termasuk tiga anak dan istrinya yang telah berpisah, di rumah di mana polisi merespons penembakan dan menemukan rumah tersebut terbakar, kata pihak berwenang. Seorang korban lainnya menderita luka tembak dan ditemukan hidup di rumah itu setelah pemadam kebakaran memadamkan api.

Mesa, Arizona, 26 Mei

Seorang pria berusia 20 tahun menembak mati empat pria dan melukai seorang wanita dalam serangkaian kejahatan selama 12 jam di wilayah metro Phoenix, kata otoritas. Dia mengatakan kepada polisi bahwa dia bertemu dengan para korban secara acak saat itu di berbagai tempat, termasuk taman dan toko kelontong, dan menjadi marah ketika masalah narkoba muncul.

Nash, Texas, 23 Mei

Pihak berwenang menahan seorang pria berusia 18 tahun yang terlibat dalam penembakan terhadap orangtuanya, saudara perempuannya, dan saudara laki-lakinya di dalam rumah. Rekan kerja korban yang pergi ke rumah setelah salah satu korban tidak datang bekerja mengatakan bahwa pria itu mengaku "telah membunuh keluarganya karena mereka adalah kanibal, dan mereka akan memakannya."

Allen, Texas, 6 Mei

Seorang pria berusia 33 tahun dengan sejumlah senjata api yang dibeli secara legal menembak mati delapan orang dan melukai tujuh lainnya di pusat perbelanjaan di daerah Dallas. Dia telah mengunggah pandangan supremasi kulit putih dan pandangan misoginis secara online. Seorang polisi menembak mati dia dalam waktu empat menit.

Lake Wales, Florida, 2 Mei

Seorang pria berusia 38 tahun dicurigai menembak mati seorang wanita dan tiga anaknya setelah polisi datang ke sebuah kompleks apartemen di mana mereka ditemukan tewas. Setelah berjam-jam pengepungan di sebuah motel, polisi menembak mati pria tersebut.

Henryetta, Oklahoma, 1 Mei

Seorang pria berusia 39 tahun menembak mati istrinya, ketiga anaknya, dan dua teman mereka sebelum membunuh dirinya sendiri, kata pihak berwenang. Mereka semua ditemukan tewas di propertinya yang terpencil. Dia adalah seorang pemerkosa yang telah dibebaskan dari penjara lebih awal, meskipun menghadapi tuduhan seks baru dalam kasus terpisah.

Mojave, California, 30 April

Empat orang ditemukan tewas tertembak di dalam sebuah rumah beroda di komunitas Gurun Mojave yang terpencil, menurut pihak berwenang. Belum ada penangkapan segera, tetapi dua orang sedang dicari untuk diwawancarai sebagai "orang-orang yang bersangkutan."

Cleveland, Texas, 28 April




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x