Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah El Chapo, Gembong Narkoba Penyumbang Dana Kampanye Pilpres Meksiko

Kompas.tv - 1 November 2023, 16:00 WIB
kisah-el-chapo-gembong-narkoba-penyumbang-dana-kampanye-pilpres-meksiko
Pendiri kartel Sinaloa, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman (Sumber: AP Photo)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Urusan kampanye pemilihan presiden (pilpres) di mana pun, selalu membutuhkan logistik alias dana yang tidak sedikit. Di Meksiko, gembong narkoba Joaquin  Guzman yang dijuluki "El Chapo" salah satu yang ikut memberikan sumbangan untuk pilpres tahun 2012 silam.

Dana yang dia berikan kepada Enrique Peña Nieto, yang kemudian terpilih menjadi Presiden Meksiko periode 2012-2018, tidak tanggung-tanggung mecapai 100 juta dollar AS atau kira-kira setara  dengan Rp1,4 triliun.

Bahkan beredar kabar, sebelumnya Peña Nieto sempat meminta 250 juta dollar AS kepada Guzman, namun setelah tawar menawar disepakati Rp1,4 triliun.

Baca Juga: Anak El Chapo Ditangkap, Apa Kontribusinya bagi Pemberantasan Narkoba? Kata Pengamat: Tidak Ada

Pengakuan itu terungkap saat Alex Cifuentes Villa yang merupakan gembong narkoba Kolombia sekaligus mengaku sebagai "tangan kanan" El Chapo, bersaksi di pengadilan di New York pada 2017 silam. Dia pernah bekerja sebagai sekretarisnya dan menghabiskan dua tahun bersama Guzman bersembunyi dari aparat di pegunungan Meksiko.

"Tn. Guzmán membayar suap sebesar 100 juta Dollar AS  kepada Presiden Peña Nieto?” Jeffrey Lichtman, salah satu pengacara Tuan Guzmán, bertanya kepada Tuan Cifuentes saat pemeriksaan silang.

“Ya,” kata Tuan Cifuentes di hadapan pengadilan New York dikutip dari New York Times, November 2017. 

Namun pengakuan ini segera ditepis oleh pengacara El Chapo, Jeffrey Lichtman. Dia berkilah bahwa gembong sebenarnya di Meksikoa adalah Ismael 'El Mayo' Zambada, pesaing El Chapo dalam bisnis haram ini.

Kata Jeffrey, justru Ismael lah yang menyuap presiden hingga aparat ke tingkat bawah, mulai dari Gubernur, Walikota, polisi hingga tentara.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x