Kompas TV internasional kompas dunia

Selain Semangka, 3 Buah Ini Pernah Digunakan Sebagai Simbol Perlawanan Warga Palestina. Apa Saja?

Kompas.tv - 7 November 2023, 06:45 WIB
selain-semangka-3-buah-ini-pernah-digunakan-sebagai-simbol-perlawanan-warga-palestina-apa-saja
Ilustrasi potongan Semangka yang menjadi simbol perlawanan warga Palestina (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Buah semangka mungkin menjadi yang paling ikonik dalam mewakili Palestina.

Saat ini, kita dapat mudah menemukan gambar Semangka dalam seni, kaos, graffiti, poster, dan tentu saja emoji semangka yang umum digunakan di media sosial sebagai dukungan untuk warga Palestina.

Ditanam di seluruh wilayah Palestina, mulai dari Jenin hingga Gaza, semangka memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina (Merah, hijau, putih, dan hitam).

Oleh karena itu, semangka digunakan sebagai bentuk protes terhadap penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Tidak hanya semangka, ternyata ada juga tiga buah lainnya yang merupakan simbol perlawanan warga Palestina, seperti yang dikutip dari laman Aljazeera.com, berikut ini;

1. Jeruk

Jeruk Jaffa, yang berasal dari abad ke-19, dikenal karena rasanya yang manis dan kulitnya yang mudah dikupas, sehingga cocok untuk pengiriman.

Sebelum Nakba pada tahun 1948, yang menyebabkan lebih dari 750.000 warga Palestina diusir dari desa-desa dan kota-kota yang menjadi tempat tinggal leluhur mereka selama berabad-abad, jeruk Jaffa adalah salah satu komoditas ekspor penting bagi petani dan pengusaha Palestina.

Selain itu, jeruk-jeruk ini juga menjadi simbol identitas nasional dalam sastra dan seni. Penulis asal Palestina, Ghassan Kanafani, menggunakan jeruk untuk melambangkan kehilangan dalam ceritanya tentang Nakba pada tahun 1958, yang berjudul "The Land of Sad Oranges".

Cerita tersebut menggambarkan bagaimana keluarga terpaksa meninggalkan "pohon jeruk yang sudah dirawat dengan baik yang (mereka) beli satu per satu".

Hal ini menunjukkan koneksi yang kuat antara petani Palestina dan tanah mereka, yang harus ditinggalkan oleh ratusan ribu orang selama Nakba.

Baca Juga: Ini Asal-usul Semangka Jadi Simbol Solidaritas Dukungan untuk Palestina | SINAU

2. Zaitun

Pohon zaitun dapat ditemukan di seluruh Palestina dan telah menjadi simbol perlawanan warga Palestina.

Pohon zaitun mampu bertahan selama berabad-abad, sehingga orang Palestina merasa terhubung secara alami dengan tanah mereka melalui pohon-pohon zaitun.



Sumber : Aljazeera.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x