Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Sifilis Pada Bayi Baru Lahir di AS Meroket, Pejabat Kesehatan Serukan Langkah Pencegahan

Kompas.tv - 8 November 2023, 08:31 WIB
kasus-sifilis-pada-bayi-baru-lahir-di-as-meroket-pejabat-kesehatan-serukan-langkah-pencegahan
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mempublikasikan gambar ini pada Selasa, 7 November 2023. Wilayah yang diberi warna hijau merupakan wilayah yang disarankan untuk melakukan tes sifilis kepada semua orang yang aktif secara seksual dan berusia antara 15 dan 44 tahun. (Sumber: CDC via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV — Khawatir dengan lonjakan kasus sifilis pada bayi baru lahir, para pejabat kesehatan AS menyerukan peningkatan langkah-langkah pencegahan, termasuk mendorong jutaan wanita usia subur dan pasangannya untuk melakukan tes penyakit menular seksual tersebut.

Pada tahun 2022, lebih dari 3.700 bayi lahir dengan sifilis kongenital. Jumlah ini 10 kali lebih banyak dari satu dekade lalu dan meningkat 32 persen dibandingkan tahun 2021. Data ini diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada Selasa (7/11/2023). Sifilis menyebabkan 282 kematian saat lahir atau kematian pada saat bayi. Jumlah ini hampir 16 kali lebih banyak dibandingkan kematian pada tahun 2012.

“Penghitungan pada tahun 2022 adalah yang terbanyak dalam lebih dari 30 tahun,” kata seorang pejabat CDC seperti dikutip dari The Associated Press. Pada lebih dari separuh kasus sifilis bawaan, para ibu dinyatakan positif selama kehamilan tetapi tidak mendapatkan pengobatan yang tepat.

“Peningkatan sifilis kongenital terjadi meskipun ada peringatan berulang kali dari lembaga kesehatan masyarakat dan hal ini terkait dengan lonjakan kasus sifilis primer dan sekunder pada orang dewasa,” kata pejabat CDC.

Baca Juga: Kasus Penyakit Sifilis Meningkat, Begini Tanda-tandanya! | SINAU

Penyedia layanan kesehatan juga semakin sulit mendapatkan suntikan penisilin benzatin – senjata medis utama melawan sifilis bawaan – karena kekurangan pasokan.

“Jelas ada sesuatu yang tidak berjalan di sini, ada sesuatu yang harus diubah,” kata Dr. Laura Bachmann dari CDC. “Itulah sebabnya kami menyerukan tindakan luar biasa untuk mengatasi epidemi yang memilukan ini,” ujarnya.

Badan federal tersebut menginginkan penyedia layanan kesehatan untuk memulai pengobatan sifilis ketika seorang wanita hamil pertama kali dites positif, tanpa menunggu tes konfirmasi. Mereka juga menginginkan perluasan akses transportasi sehingga wanita yang positif sifilis bisa mendapatkan pengobatan. CDC juga menyerukan agar tes cepat tersedia di luar kantor dokter dan klinik PMS hingga tempat-tempat seperti ruang gawat darurat, program pertukaran jarum suntik, serta penjara dan penjara.

Pejabat federal kembali menyarankan wanita usia subur yang aktif secara seksual dan pasangannya untuk menjalani tes sifilis setidaknya sekali jika mereka tinggal di daerah dengan tingkat sifilis yang tinggi. Menurut peta dan definisi CDC yang baru, 70 persen orang dewasa AS tinggal di daerah dengan tingkat kasus sifilis yang tinggi. Jumlahnya kemungkinan mencapai puluhan juta orang, menurut perkiraan Associated Press berdasarkan data federal.

Baca Juga: Jawa Barat Duduki Posisi Kedua Tertinggi Kasus Sifilis di Indonesia

Sifilis adalah infeksi bakteri yang selama berabad-abad merupakan penyakit menular seksual yang umum namun ditakuti. Infeksi baru menurun drastis di AS mulai tahun 1940an ketika antibiotik tersedia secara luas dan turun ke titik terendah pada akhir tahun 1990an. Pada tahun 2002, kasus penyakit ini mulai meningkat lagi, dimana laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki lain terkena dampak yang tidak proporsional, meskipun PMS telah menyebar ke beberapa demografi lainnya.


 

Pada sifilis kongenital, ibu menularkan penyakit ini kepada bayinya, yang berpotensi menyebabkan kematian pada anak atau masalah kesehatan pada anak seperti ketulian, kebutaan, dan kelainan bentuk tulang. Tingkat kasus meningkat antar kelompok ras dan etnis.

Mike Saag, pakar penyakit menular di Universitas Alabama di Birmingham, mengatakan sifilis bisa menjadi “infeksi senyap” pada wanita karena sulit untuk didiagnosis tanpa tes darah. Karena tidak semua perempuan yang positif sifilis mengalami gejala seperti luka, lesi seperti kutil, atau gejala lainnya yang terlihat.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x