Kompas TV internasional kompas dunia

Besok, Menhan Rusia Sergei Shoigu Dijadwalkan Bertemu Prabowo dan Menhan ASEAN Plus di Jakarta

Kompas.tv - 15 November 2023, 22:05 WIB
besok-menhan-rusia-sergei-shoigu-dijadwalkan-bertemu-prabowo-dan-menhan-asean-plus-di-jakarta
Menhan Rusia Sergey Shoigu dijadwalkan akan bergabung dalam pertemuan Menteri Pertahanan Asia Tenggara bersama mitra, atau ADMM Plus ke-10 yang rencananya akan digelar hari Kamis (16/11/2023) untuk membahas berbagai isu dan kerja sama serta ketegangan maupun ancaman terhadap perdamaian di Asia Tenggara dan wilayah yang lebih luas. (Sumber: Le Monde)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari
Menhan Rusia Sergey Shoigu dijadwalkan akan bergabung dalam pertemuan Menteri Pertahanan Asia Tenggara bersama mitra, atau ADMM Plus ke-10 yang rencananya akan digelar hari Kamis (16/11/2023) untuk membahas berbagai isu dan kerja sama serta ketegangan maupun ancaman terhadap perdamaian di Asia Tenggara dan wilayah yang lebih luas. (Sumber: Le Monde)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dijadwalkan akan bergabung dalam pertemuan Menteri Pertahanan Asia Tenggara bersama mitra, atau ADMM Plus ke-10 yang rencananya akan digelar pada Kamis (16/11/2023) untuk membahas berbagai isu dan kerja sama serta ketegangan maupun ancaman terhadap perdamaian di Asia Tenggara dan wilayah yang lebih luas.

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto hari Kamis (16/11/2023) akan menjadi tuan rumah pertemuan menteri pertahanan ASEAN dengan delapan mitra dialog ASEAN, di mana sengketa wilayah diperkirakan akan dibahas.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dijadwalkan akan bergabung dalam pertemuan ini. Tetapi kemungkinannya kecil akan ada pembicaraan antara keduanya, seperti laporan Associated Press, Rabu (15/11/2023). 

Lloyd Austin membuat kunjungan sebelumnya di Asia dengan tujuan menunjukkan kesatuan dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina, serta mencegah perbedaan pendapat terkait perang Israel-Hamas semakin membesar. Austin juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik dan pihak lain di Seoul untuk membahas penguatan deterens nuklir terhadap Korea Utara.

China menurut berbagai laporan akan diwakili Jing Jianfeng, wakil kepala staf Komisi Militer Pusat China, tetapi tidak mungkin dia akan bertemu dengan Austin di pinggiran pertemuan. Menteri Pertahanan China sebelumnya, Li Shangfu, dipecat bulan lalu, dan Beijing belum menunjuk penggantinya.

Kontak militer antara AS dan China sebagian besar terputus setelah Ketua Kongres saat itu, Nancy Pelosi, datang ke Taiwan pada Agustus 2022, memicu latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh militer China di dekat pulau yang dikelola sendiri.

ADMM-Plus adalah platform bagi ASEAN dan delapan mitra dialognya, yaitu Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea, Rusia, dan Amerika Serikat (secara kolektif disebut sebagai "Negara-Negara Plus").

Baca Juga: Prabowo dan Sejumlah Menhan ASEAN Serukan Gencatan Senjata di Gaza: Stop Kekerasan terhadap Sipil

Menhan RI Prabowo Subianto saat bertemu menteri pertahanan ASEAN di Jakarta, Rabu (15/11/2023). Menhan Rusia, Sergey Shoigu, dijadwalkan bergabung dalam pertemuan Menteri Pertahanan Asia Tenggara bersama mitra, atau ADMM Plus ke 10 yang rencananya akan digelar hari Kamis, (16/11/2023) untuk membahas berbagai isu dan kerja sama serta ketegangan maupun ancaman terhadap perdamaian di Asia Tenggara dan wilayah yang lebih luas. (Sumber: Dita Alangkara/Associated Press)

Tujuan ADMM-Plus adalah untuk memperkuat kerja sama keamanan dan pertahanan guna perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di wilayah tersebut. ADMM-Plus pertama kali diadakan di Hanoi, Vietnam, pada 12 Oktober 2010.

Sejak tahun 2017, ADMM-Plus bertemu setiap tahun, memungkinkan dialog dan kerja sama yang lebih baik antara ASEAN dan Negara-Negara Plus di tengah lingkungan keamanan regional yang semakin menantang.

Memberikan manfaat bagi negara anggota ASEAN dalam membangun kapasitas untuk mengatasi tantangan keamanan bersama, dengan memperhatikan kapasitas yang berbeda-beda dari berbagai negara anggota ASEAN.

Mendorong rasa saling percaya dan keyakinan antara lembaga pertahanan melalui dialog dan transparansi yang lebih besar.

Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional melalui kerja sama dalam pertahanan dan keamanan, mengingat tantangan keamanan lintas batas yang dihadapi oleh wilayah ini.


Berkontribusi pada pencapaian Komunitas Keamanan ASEAN yang, sebagaimana diamanatkan dalam Bali Concord II, mencerminkan aspirasi ASEAN untuk mencapai perdamaian, stabilitas, demokrasi, dan kemakmuran di wilayah di mana negara anggota ASEAN hidup berdampingan dengan damai satu sama lain dan dengan dunia pada umumnya.

Memfasilitasi implementasi Program Aksi Vientiane, yang meminta ASEAN untuk membangun ASEAN yang damai, aman, dan makmur, serta mengadopsi strategi hubungan eksternal yang lebih terarah ke luar dengan teman-teman dan mitra dialognya.

ADMM-Plus dipandang menjadi platform efektif untuk kerja sama praktis di antara lembaga pertahanan negara-negara pesertanya. Saat ini, ADMM-Plus berfokus pada tujuh bidang kerja sama praktis, yaitu keamanan maritim (Maritime Security), kontra-terorisme (Contra Terrorism), bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana (Humanitarian Assistance and Disaster Management), operasi pemeliharaan perdamaian (Peacekeeping Operations), kedokteran militer (Military Medicine), penanggulangan ranjau kemanusiaan (Humanitarian Mine Action), dan keamanan siber (Cyber Security). 

 

 



Sumber : Associated Press / ASEAN / Kementerian Pertahanan RI



BERITA LAINNYA



Close Ads x