Kompas TV regional papua maluku

Cerita Sukses Seorang Pemuda Papua di Sorong Raup Untung Jadi Peternak Bebek

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 19:00 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tidak semua pemuda-pemudi di Papua dapat mengakses lapangan pekerjaan, karena sejumlah faktor. Salah satunya mereka memilih menunggu rekrutmen calon pegawai negeri sipil, padahal kuotanya terbatas.

Berbeda dengan lainnya, Raymond Karubaba, pemuda asli Papua ini membuka lapangan pekerjaan sendiri, yakni usaha ternak bebek. Ia hanya bermodalkan belajar otodidak melalui media sosial.

Raymond Karubaba, memulai usaha peternak bebeknya setahun terakhir, saat ini, ia bisa memperoleh keuntungan lima sampai enam juta rupiah perbulan. Dengan menekuni usaha ini, ia bisa mendapat langsung telur bebek setiap hari. Hasilnya dijual ke pasar, maupun melalui media sosial.

Menekuni usaha peternakan bebek tidaklah mudah, karena terkendala ketersediaan fasilitas dan mahalnya biaya pakan, namun karena semangat yang tinggi, jerih payah raymond dilirik oleh dinas peternakan kabupaten sorong. Ia mendapat pendampingan, dan bantuan sarana prasarana penunjang dari instansi terkait.

Berbekal kisah sukses nya, raymond turut memotivasi pemuda Papua lainnya di sekitar tempat tinggalnya, kelurahan mayamuk, distrik mariyat Kabupaten Sorong, upayanya agar mereka juga menekuni usaha peternakan, hasilnya saat ini jumlah anggotanya sudah mencapai 15 orang.

Sebagai anak muda raymond mau menunjukkan kepada pemuda papua lainnya bahwa mudah memperoleh pekerjaan, jika ada kemauan dan semangat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x