Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno: 1 WNI Kembali Berhasil Dievakuasi dari Gaza

Kompas.tv - 9 Desember 2023, 20:38 WIB
menlu-retno-1-wni-kembali-berhasil-dievakuasi-dari-gaza
Menlu Retno Marsudi di Beijing, Senin (20/11/2023), saat memberikan pernyataan terkait serangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza oleh Israel. (Sumber: Kemlu RI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan bahwa satu warga negara Indonesia (WNI) kembali berhasil dievakuasi dari Gaza, Sabtu (9/12/2023).

Satu WNI yang berhasil dievakuasi tersebut atas nama Farid Zanzabil Al Ayubi.

Saat ini, Farid dilaporkan masih berada di Rafah -- perbatasan Palestina dengan Mesir -- dan akan segera dibawa ke Kairo untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Saat ini Farid di perbatasan Rafah, wilayah Mesir bersama tim KBRI Kairo," kata pernyataan Menlu yang diterima KompasTV.

"KBRI Kairo akan membawa Farid ke Kairo dan segera fasilitasi repatriasi ke Indonesia," demikian pernyataan tersebut.

Farid menjadi WNI teranyar yang berhasil dievakuasi dari Gaza yang saat ini menjadi wilayah pusat konflik Israel-Palestina.

Baca Juga: Operasi Pembebasan Sandera Israel di Gaza Gagal, Sandera Tewas Tertembak Sendiri

Pada bulan November lalu, pemerintah telah berhasil mengevakuasi empat WNI dari Gaza.

Kempat WNI itu merupakan satu keluarga yang terdiri dari Abdillah Onim, ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang merupakan warga negara Palestina dan telah tiba di Indonesia pada 6 November 2023.

Selanjutnya, satu keluarga WNI yang terdiri dari Muhammad Husein, kedua anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina juga berhasil dievakuasi dari Gaza selatan pada Minggu 12 November 2023.


Seperti diketahui, perang antara Israel dan pasukan milisi Palestina Hamas masih terus berlangsung hingga sekarang.

Sejak perang pecah pada 7 Oktober lalu, sudah lebih dari 17.000 warga sipil Palestina tewas di Gaza, dan sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Saat ini, berbagai upaya terus dilakukan oleh dunia internasional agar tercapai gencatan senjata antara Israel dan Palestina untuk mencegah jatuhnya korban lebih banyak.

Baca Juga: Hamas Serang AS Usai Veto Resolusi Gencatan Senjata di Gaza: Sikap Tak bermoral dan Tak Manusiawi

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x