Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Sebut Israel Mulai Kehilangan Dukungan Internasional akibat Serangan ke Gaza

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 09:51 WIB
biden-sebut-israel-mulai-kehilangan-dukungan-internasional-akibat-serangan-ke-gaza
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendengarkan saat seorang wartawan mengajukan pertanyaan dalam konferensi pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Gedung Putih, Washington, Selasa, 12 Desember 2023. (Sumber: AP Photo/Andrew Harnik)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

 

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Israel mulai kehilangan dukungan internasional karena “pemboman tanpa pandang bulu” yang dilakukannya di Gaza.

Pernyataan cukup keras itu disampaikan saat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan melakukan pemungutan suara untuk menuntut gencatan senjata di Palestina.

“Keamanan Israel bisa saja bergantung pada Amerika Serikat, namun saat ini Israel mempunyai lebih dari Amerika Serikat. Ada Uni Eropa, ada Eropa, dan sebagian besar negara di dunia mendukung mereka,” kata Biden kepada para donor dalam acara penggalangan dana, Selasa (12/12/2023).

“Tapi mereka mulai kehilangan dukungan karena pengeboman tanpa pandang bulu yang terjadi,” katanya, seperti dikutip dari The Associated Press.

Menurutnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengerti tentang hal itu, tapi tidak begitu yakin dengan kabinet perang Israel.

Pasukan Israel melancarkan serangan mematikan di Gaza, wilayah Palestina yang didudukinya sejak 1967 dan diblokade sejak 2007, sejak 7 Oktober lalu.

Serangan-serangan Israel menghancurkan warga Palestina di rumah-rumah mereka tanpa pandang bulu. 

Baca Juga: Joe Biden Rayakan Hari Besar Yahudi di Gedung Putih, Kembali Mengaku Seorang Zionis

Sementara penasihat keamanan nasional utama Biden, Jake Sullivan, akan berangkat ke Israel minggu ini untuk berkonsultasi langsung mengenai pembicaraan untuk mengakhiri pertempuran besar.

Penggalangan dana kampanye tahun 2024 adalah bagian dari pertemuan para donor Yahudi, banyak di antaranya menghadiri resepsi Hanukkah Gedung Putih pada Senin (11/12) malam.

Acara penggalangan dana Biden ini boleh diliput beberapa wartawan dengan syarat tidak boleh mengambil gambar atau video.

Retorika Biden kepada para donor mencerminkan pesannya yang lebih jujur dan pribadi kepada Netanyahu melalui saluran telepon yang sering mereka lakukan.

Ia menegaskan kembali dukungan AS untuk Israel sebelum mendorong Israel berbuat lebih banyak untuk membantu warga sipil di Gaza.

“Israel harus mengambil keputusan sulit. Tidak ada keraguan mengenai perlunya menghadapi Hamas. Tidak ada pertanyaan tentang itu. Tidak ada. Nol,” kata Biden.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x