Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta-Fakta Penghancuran Gaza oleh Israel: Terburuk dalam Sejarah Modern, Gunakan Bom Buatan AS

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 22:05 WIB
fakta-fakta-penghancuran-gaza-oleh-israel-terburuk-dalam-sejarah-modern-gunakan-bom-buatan-as
Puing akibat serangan Israel di Gaza City, 10 Oktober 2023. Setelah 11 minggu perang di Gaza, serangan militer Israel melawan Hamas adalah salah satu yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah modern. Korban tewas warga Palestina menembus angka 20.000 jiwa. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Serangan militer besar-besaran Israel di Gaza, menurut para ahli, kini dianggap sebagai salah satu yang paling buruk, mematikan dan paling merusak dalam sejarah modern.

Dalam waktu sedikit lebih dari dua bulan, serangan ini telah menimbulkan lebih banyak kerusakan dibandingkan penghancuran Aleppo di Suriah antara tahun 2012 dan 2016, Mariupol di Ukraina, atau, secara proporsional, pengeboman oleh Sekutu di Jerman selama Perang Dunia II.

Associated Press pada Jumat (22/12/2023), agresi militer Israel ini bahkan telah menewaskan lebih banyak warga sipil dibandingkan dengan aksi serupa tiga tahun oleh koalisi pimpinan AS melawan kelompok ISIS.

Meski militer Israel tidak memberikan informasi rinci tentang jenis bom yang digunakan, para ahli yakin sebagian besar adalah buatan Amerika Serikat (AS). Termasuk di antaranya adalah bunker-busters atau bom penghancur bunker seberat 900 kilogram yang sekali meledak bisa menewaskan ratusan orang di daerah padat penduduk.

Dengan jumlah kematian warga Palestina di Gaza per Jumat (22/12) yang sudah menembus 20.000 warga sipil Gaza, masyarakat internasional mendesak pemberlakuan gencatan senjata. Namun, Israel bersikeras melanjutkan serangan dengan alasan menghancurkan kemampuan militer Hamas.

Pemerintahan Biden di AS, meskipun secara diam-diam melanjutkan pasokan senjata ke Israel, secara terbuka mengakui Israel kehilangan legitimasi internasional karena apa yang disebutnya sebagai "pengeboman sembarangan".

Berikut adalah gambaran tentang apa yang diketahui sejauh ini tentang agresi militer Israel di Gaza.

Baca Juga: Janji Mengerikan Komandan Militer Israel, Bakal Ratakan Gaza dan Cari Pembenaran atas Pembantaian

Puing akibat serangan Israel di Gaza City, 11 Oktober 2023. Setelah 11 minggu perang di Gaza, serangan militer Israel melawan Hamas adalah salah satu yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah modern. Korban tewas warga Palestina menembus angka 20.000 (Sumber: AP Photo)

Seberapa besar kerusakan di Gaza?

Menurut analisis data satelit Copernicus Sentinel-1 oleh Corey Scher dari CUNY Graduate Center dan Jamon Van Den Hoek dari Oregon State University, pakar dalam pemetaan kerusakan selama perang, serangan Israel telah menghancurkan lebih dari dua pertiga dari semua struktur bangunan di Gaza utara dan seperempat dari bangunan di daerah selatan Khan Younis.

Persentase bangunan yang rusak di daerah Khan Younis hampir dua kali lipat hanya dalam dua minggu pertama serangan selatan Israel, mereka mengatakan.

Ini termasuk puluhan ribu rumah serta sekolah, rumah sakit, masjid, dan toko. Pengawas PBB mengatakan sekitar 70% gedung sekolah di seluruh Gaza mengalami kerusakan. Setidaknya 56 sekolah yang rusak dijadikan tempat perlindungan bagi warga sipil yang mengungsi. Serangan Israel merusak 110 masjid dan tiga gereja, kata pengawas tersebut.

Israel menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil dengan menuding anggota Hamas berada di dalam infrastruktur sipil. Tempat-tempat tersebut juga menjadi tempat berlindung bagi banyak warga Palestina yang melarikan diri sesuai perintah evakuasi Israel.

“Gaza sekarang berwarna berbeda dari angkasa. Ini tekstur yang berbeda,” kata Scher, yang telah bekerja dengan Van Den Hoek untuk memetakan kerusakan di beberapa zona perang, mulai dari Aleppo hingga Mariupol.

Baca Juga: Israel Eksekusi Mati 11 Pria Palestina di Depan Keluarga Mereka, PBB Tuntut Pengusutan

kehancuran gedung keluarga Al-Gatshan usai serangan Israel di kamp pengungsi Nusseirat, Gaza tengah, 18 Desember 2023. Setelah 11 minggu perang di Gaza, serangan militer Israel melawan Hamas adalah salah satu yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah modern. Korban tewas warga Palestina menembus angka 20.000 (Sumber: AP Photo)

Bagaimana tingkat kerusakan secara historis?

Dalam beberapa ukuran, kerusakan di Gaza melampaui pengeboman Sekutu di Jerman selama Perang Dunia II.

Antara 1942 dan 1945, Sekutu menyerang 51 kota dan kota besar Jerman, menghancurkan sekitar 40-50% dari wilayah perkotaan mereka, kata Robert Pape, seorang sejarawan militer AS.

Pape mengatakan hal ini setara dengan 10% bangunan di seluruh Jerman, dibandingkan dengan lebih dari 33% di Gaza, wilayah yang padat penduduk dengan luas hanya 360 kilometer persegi.

“Gaza adalah salah satu kampanye pembunuhan warga sipil paling intens dalam sejarah,” kata Pape, “Sekarang, ia nyaman duduk di kuadran teratas kampanye pengeboman paling menghancurkan sepanjang masa.”

Serangan koalisi pimpinan AS pada tahun 2017 untuk mengusir kelompok ISIS dari kota Irak Mosul dianggap sebagai salah satu serangan paling intens pada sebuah kota dalam beberapa generasi.

Pertempuran sembilan bulan itu menewaskan sekitar 10.000 warga sipil, sepertiga dari mereka akibat bombardemen koalisi, menurut penyelidikan Associated Press saat itu.

Selama kampanye 2014-2017 untuk mengalahkan ISIS di Irak, koalisi melakukan hampir 15.000 serangan di seluruh negeri, menurut Airwars, kelompok independen berbasis di London yang melacak konflik terkini. Sebagai perbandingan, militer Israel mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah melakukan 22.000 serangan di Gaza.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x