Kompas TV internasional kompas dunia

Sejarah dan Tujuan Hari Penerimaan Internasional, Diperingati Setiap 20 Januari

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 03:00 WIB
sejarah-dan-tujuan-hari-penerimaan-internasional-diperingati-setiap-20-januari
Ilustrasi. Hari Penerimaan Internasional (yang diperingati setiap 20 Januari, menjadi momentum untuk mendukung dan menerima mereka yang memiliki disabilitas. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Penerimaan Internasional, atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai International Day of Acceptance, yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 20 Januari. Perayaan tahunan ini merupakan kesempatan untuk menyampaikan kepada dunia betapa pentingnya merangkul identitas diri kita.

Setiap individu memiliki hak sosial, hak berpendapat, minat, dan tujuan yang beragam, dan hal tersebut patut dihargai. Setiap orang berhak berkontribusi dalam membentuk perubahan dalam masyarakat dan dunia.

Penerimaan diartikan sebagai persetujuan terhadap suatu situasi, proses, atau kondisi tanpa upaya untuk mengubahnya. Kita semua pasti pernah mengalami saat-saat di kehidupan, di mana kita mungkin merasa diasingkan atau dikucilkan dari kelompok sosial.

Menerima hal-hal tertentu dalam hidup memiliki relevansi yang besar, termasuk dalam konteks menerima kekurangan dan 'disabilitas' orang lain.

Hari Penerimaan Internasional menjadi momentum di mana individu di seluruh dunia bersatu untuk mendukung dan menerima tantangan yang dihadapi oleh mereka yang memiliki disabilitas.

Sejarah Hari Penerimaan Internasional

Hari Penerimaan Internasional dibentuk dari realitas bahwa sekitar 15 persen dari populasi dunia menghadapi berbagai bentuk disabilitas.

Sebanyak 190 juta orang di seluruh dunia memiliki disabilitas, seringkali mengalami isolasi, hidup dalam kondisi kemiskinan, dan kesulitan untuk mendapatkan pendidikan.

Sayangnya, dalam banyak situasi, penyandang disabilitas kerap dinilai dari keterbatasan mereka daripada potensi yang dimilikinya.

Baca Juga: Penerimaan Polri 2024 bagi Penyandang Disabilitas SMA/SMK, Berikut Jadwalnya

Mengutip dari National Today, dalam dunia ideal, setiap individu seharusnya diterima dengan segala keunikannya tanpa pandang bulu. Hal ini merupakan visi dari pahlawan penggagas Hari Penerimaan Internasional, Annie Hopkins. 




Sumber : National Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x