Kompas TV internasional kompas dunia

Hewan Liar Terekam di Jalan-Jalan Gaza Memakan Jasad Warga yang Dibunuh Israel, Timbulkan Kemarahan

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 10:27 WIB
hewan-liar-terekam-di-jalan-jalan-gaza-memakan-jasad-warga-yang-dibunuh-israel-timbulkan-kemarahan
Kaki-kaki mungil jenazah anak-anak Palestina yang tewas dalam pemboman Israel di Jalur Gaza di Deir Al-Balah, Minggu, 22 Oktober 2023. Gambar-gambar hewan liar memakan jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza menimbulkan kemarahan dunia, termasuk di media sosial, Kamis, (25/1/2024). (Sumber: AP Photo/Hatem Moussa)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

ANKARA, KOMPAS.TV - Gambar-gambar hewan liar memakan jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza menimbulkan kemarahan dunia, termasuk di media sosial.

Rekaman tersebut, dilaporkan berasal dari kota Khan Younis di selatan Gaza, menunjukkan jenazah beberapa warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel, sebagaimana dilaporkan oleh Anadolu pada hari Kamis, (26/1/2024).

Kamera menunjukkan pemandangan di jalan tempat bagian-bagian tubuh dan barang-barang milik warga Palestina berserakan, dengan sejumlah hewan liar berkeliaran.

Setelah tersebarnya rekaman tersebut di media sosial, banyak pengguna mengutuk kebrutalan Israel, mengkritik dunia karena tidak mengakhiri pembantaian di Gaza dan mengutuk bungkamnya komunitas internasional.

Pengguna menyatakan bahkan pemakaman warga Palestina dibiarkan tanpa pengawasan, menyoroti kebrutalan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Pasukan Israel Tembaki Warga Palestina yang Antre Bantuan di Gaza, Sedikitnya 20 Orang Tewas

Seorang perempuan menggunakan kaus berwarna putih sebagai tanda agar tidak ditembaki dalam perjalanan mengungsi ke selatan Jalur Gaza, Selasa (7/11/2023). Gambar-gambar hewan liar memakan jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza menimbulkan kemarahan dunia, termasuk di media sosial, Kamis, (25/1/2024). (Sumber: Mohammed Dahman/Associated Press)

Warga Palestina dieksekusi oleh militer Israel

Jurnalis Palestina Abdullah Ubeyd memberi tahu Anadolu bahwa gambar-gambar mengerikan tersebut diabadikan di kota Khan Younis di selatan Gaza, yang menjadi sasaran serangan Israel dalam beberapa hari terakhir.

Ubeyd mengatakan dia merekam rekaman tersebut pada tanggal 23 Januari di daerah Giza al-Najjar di Khan Younis.

"Mayat-mayat ini adalah puluhan warga Palestina yang dibantai kendaraan militer Israel di jalan-jalan daerah Giza al-Najjar di Khan Younis tempat mereka ditempatkan," ujarnya.

Bulan lalu, pasukan Israel menyatakan Khan Younis, yang sebelumnya mereka klaim aman, sebagai "zona perang" dan memulai serangan darat.


 

Israel meluncurkan serangan mematikan di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menewaskan setidaknya 25.700 warga Palestina dan melukai 63.740 lainnya, sementara hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Perang Israel ini telah membuat 85% dari populasi Gaza mengungsi secara internal di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara lebih dari setengah infrastruktur enklave tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.



Sumber : Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x