Kompas TV internasional kompas dunia

Barat dan Lawan-lawan Putin Langsung Menuding Presiden Rusia terkait atas Kematian Alexei Navalny

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 07:40 WIB
barat-dan-lawan-lawan-putin-langsung-menuding-presiden-rusia-terkait-atas-kematian-alexei-navalny
Pengunjuk rasa di depan Kedubes Rusia di London, Jumat, (16/2/2024), sebagai reaksi atas berita pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny meninggal di penjara Rusia. Pemimpin dunia dan aktivis oposisi Rusia hari Jumat (16/2/2024) tidak perlu waktu lama untuk menuding Presiden Vladimir Putin terkait atas kematian Alexei Navalny. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TALLINN, KOMPAS.TV - Pemimpin dunia dan aktivis oposisi Rusia hari Jumat (16/2/2024) tidak perlu waktu lama untuk menuding Presiden Vladimir Putin terkait atas kematian Alexei Navalny, pemimpin oposisi yang dipenjara.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang tengah berkunjung ke Jerman untuk Konferensi Keamanan Munich dengan harapan mendapatkan bantuan untuk melawan invasi Rusia, menyatakan, "Jelas dia dibunuh Putin."

Zelenskyy menambahkan, "Putin tidak peduli siapa yang mati, yang penting baginya adalah mempertahankan posisinya. Itulah sebabnya dia harus kehilangan segalanya dan bertanggung jawab atas perbuatannya."

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyatakan Washington tidak tahu persis apa yang terjadi, tetapi "tidak ada keraguan kematian Navalny adalah akibat dari tindakan Putin dan kelompoknya."

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, yang negaranya pernah memberikan perlindungan sementara kepada Navalny pada tahun 2020 setelah diracun dengan agen saraf, memuji keberanian kritikus Kremlin itu. Dia menyatakan kematian Navalny memperlihatkan "jenis rezim apa ini." Scholz mengungkapkan, "Mungkin sekarang dia membayar keberaniannya itu dengan nyawanya."

Navalny, yang berusia 47 tahun, menjalani hukuman penjara 19 tahun atas tuduhan ekstremisme di koloni pemasyarakatan di atas Lingkar Arktik saat kematiannya. Dia telah ditahan sejak kembali dari Jerman pada Januari 2021, menjalani hukuman atas berbagai tuduhan yang dianggapnya sebagai upaya politik untuk menjaga dirinya dipenjara seumur hidup.

"Navalny dibunuh dengan kejam oleh Kremlin," kata Presiden Latvia, Edgars Rinkēvičs, dalam sebuah posting di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Itu adalah fakta, dan itu adalah sesuatu yang harus diketahui tentang sifat sejati rezim Rusia saat ini."

Rekan-rekan Navalny menekankan mereka tidak memiliki konfirmasi independen tentang kematian tersebut dari pejabat penjara Rusia. Ivan Zhdanov, sekutu dekatnya, mengatakan pihak berwenang "harus memberi tahu keluarga" dalam waktu 24 jam, tetapi belum ada pemberitahuan semacam itu.

Baca Juga: Aktivis Anti-Putin, Navalny Masa Tahanannya Diperpanjang 19 Tahun, Minta Pendukung Tak Menyerah

Alexei Navalny, bersama istrinya Yulia, kanan, putrinya Daria, dan putranya Zakhar tahun 2019. Pemimpin dunia dan aktivis oposisi Rusia hari Jumat (16/2/2024) tidak perlu waktu lama untuk menuding Presiden Vladimir Putin atas kematian Alexei Navalny. (Sumber: AP Photo)

Yulia Navalnaya, istri Navalny, yang muncul di konferensi Munich, menyatakan dia tidak tahu apakah harus mempercayai pengumuman resmi Rusia karena "kita tidak bisa percaya pada Putin dan pemerintahan Putin. Mereka selalu berbohong."

Dia menambahkan, "Tapi jika ini benar, saya ingin Putin dan semua orang di sekitar Putin, teman-temannya, pemerintahnya, tahu mereka akan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan pada negara kami, keluarga saya, dan suami saya. Dan hari itu akan datang sangat cepat."

Kematian Navalny juga menimbulkan rasa duka di kalangan warga Rusia di luar negeri.

Di ibu kota Serbia, Belgrade, ratusan orang Rusia dan lainnya menyalakan lilin dan meletakkan bunga di luar kedutaan besar Rusia. Puluhan ribu warga Rusia telah pindah ke Serbia, negara Slavia yang saudara, sejak Rusia menyerbu Ukraina dua tahun lalu.

Ratusan orang berkumpul di ibu kota Georgia, Tbilisi, yang juga melihat arus masuk besar-besaran warga Rusia sejak invasi Ukraina. Beberapa dari mereka memegang spanduk bertuliskan "Putin adalah pembunuh" dan "Kami tidak akan memaafkan." Hingga 300 orang menghadiri unjuk rasa serupa di kota terbesar ketiga Georgia, Batumi.

Para pengunjuk rasa juga berkumpul di ibu kota Armenia, Yerevan, negara lain yang menarik banyak warga Rusia setelah dimulainya perang di Ukraina.

Di Israel, tempat tinggal banyak orang yang berasal dari Rusia, ratusan orang berkumpul di luar Kedutaan Besar Rusia di Tel Aviv, meneriakkan "Rusia tanpa Putin!" dan "Rusia akan bebas!"

Kerumunan pengunjuk rasa juga berkumpul di Berlin dan Paris, serta ibu kota Latvia, Bulgaria, dan Estonia, ditambah kota-kota lain di Eropa.

Baca Juga: Alexei Navalny, Oposisi Utama Presiden Putin Masuk Daftar Teroris Rusia

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy hari Jumat, (16/22024). (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x