Kompas TV internasional kompas dunia

Zelensky Tiba di Riyadh, Minta Tolong Arab Saudi Dorong Perdamaian dan Pemulangan Tawanan dari Rusia

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 00:30 WIB
zelensky-tiba-di-riyadh-minta-tolong-arab-saudi-dorong-perdamaian-dan-pemulangan-tawanan-dari-rusia
Presiden Ukraina Volodomyr Zelenskyy tiba di Arab Saudi, Selasa (27/2/2024) untuk menemui putra mahkota Saudi pangeran Mohammed bin Salman, meminta tolong agar Arab Saudi mendorong perdamaian dan pemulangan tawanan perang dari Rusia. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RIYADH, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodomyr Zelenskyy tiba di Arab Saudi, Selasa (27/2/2024) untuk menemui putra mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. Zelenskyy meminta tolong agar Arab Saudi mendorong perdamaian dan pemulangan tawanan perang dari Rusia.

Kunjungan Zelenskyy terjadi saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman mencoba menjadi mediator potensial untuk mengakhiri perang Ukraina dan Rusia, meskipun Riyadh masih dekat dengan Rusia dalam kebijakan energi melalui kelompok negara OPEC+, sebagaimana dilaporkan Associated Press.

Melalui pesan di media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Zelenskyy menyatakan Ukraina terus "mengandalkan dukungan aktif Arab Saudi" untuk mendorong rencana perdamaian yang disebut sebagai "Formula Perdamaian" guna mengakhiri invasi penuh skala yang memasuki tahun kedua pada akhir pekan sebelumnya.

Zelenskyy telah mengusulkan formula perdamaian 10 poin yang, antara lain, menginginkan pengusiran semua pasukan Rusia dari Ukraina dan pertanggungjawaban atas kejahatan perang. Ini terjadi saat kedua belah pihak terlibat pertempuran dari posisi yang hampir diam sepanjang garis depan sekitar 1.500 kilometer. Meskipun, ide-ide tersebut langsung ditolak oleh Moskow.

"Tema kedua adalah pemulangan tawanan perang dan deportasi," tulis Zelenskyy. "Pemimpin kerajaan telah membantu pembebasan rakyat kami. Saya yakin pertemuan ini juga akan menghasilkan hasil positif."

Baca Juga: Serangan Balik Ukraina Gagal, Zelenskyy Bela Diri: Sudah Bocor ke Rusia Sebelum Dilakukan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terlihat mumet di Jerman hari Sabtu, (18/2/2024) usai penarikan mundur tentara Ukraina dari kota Avdiivka. Zelenskyy, tiba di Arab Saudi hari Selasa, (27/2/2024) untuk menemui putra mahkota Saudi pangeran Mohammed bin Salman, meminta tolong agar Arab Saudi mendorong perdamaian dan pemulangan tawanan perang dari Rusia. (Sumber: AP Photo)

Meskipun tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal tersebut, Zelenskyy mengatakan bahwa kerja sama ekonomi juga akan dibahas.

Badan berita resmi Saudi Press Agency menyebutkan bahwa Zelenskyy tiba di Bandara Internasional Raja Khalid Riyadh dan disambut oleh pejabat pemerintah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Putra Mahkota Mohammed mencapai kesepakatan dengan Iran, berupaya mencapai perdamaian dengan pemberontak Houthi di Yaman, dan menawarkan diri sebagai pemimpin dalam krisis-krisis global lainnya.

Ini terjadi setelah Saudi menghadapi kritik internasional atas perang yang dipimpinnya di Yaman dan pembunuhan kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi, pada tahun 2018, yang diakui dilakukan atas perintahnya oleh lembaga intelijen Amerika Serikat.

Pada bulan Mei, Zelenskyy sudah pernah mengunjungi Arab Saudi untuk pertemuan pemimpin Arab dan juga bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed saat itu.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar, tetangga di Semenanjung Arab, telah terlibat dalam pertukaran tawanan sejak pecahnya perang pada tahun 2022.


 

 



Sumber : Saudi Press Agency / Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x