Kompas TV internasional kompas dunia

China Tuding AS Manfaatkan Krisis Ukraina demi Keuntungan Geopolitiknya Sendiri

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 07:42 WIB
china-tuding-as-manfaatkan-krisis-ukraina-demi-keuntungan-geopolitiknya-sendiri
China hari Selasa (12/3/2024) menuduh Amerika Serikat (AS) memanfaatkan krisis Ukraina untuk mencapai tujuan geopolitiknya sendiri. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengungkap perhatian AS bukanlah Ukraina, melainkan bagaimana mencapai tujuan geopolitik dan strategisnya melalui krisis Ukraina. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

ISTANBUL, KOMPAS.TV - China hari Selasa (12/3/2024) menuduh Amerika Serikat (AS) memanfaatkan krisis Ukraina untuk "mencapai tujuan geopolitiknya sendiri," seperti yang dilaporkan oleh media negara China.

"Apa yang menjadi perhatian AS bukanlah Ukraina, melainkan bagaimana mencapai tujuan geopolitik dan strategisnya melalui krisis Ukraina," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin yang dikutip oleh Anadolu pada hari yang sama.

Wang merespons komentar Kepala Intelijen AS, William Burns, dalam sebuah dengar pendapat di Senat AS.

Burns menyatakan, "Jika kita terlihat menarik diri dari dukungan terhadap Ukraina, bukan hanya akan menimbulkan keraguan di antara sekutu dan mitra kita di Indo-Pasifik, tetapi juga akan memperkuat ambisi kepemimpinan China dalam berbagai skenario, mulai dari Taiwan hingga Laut China Selatan."

Dalam laporan Penilaian Ancaman Tahunan AS untuk tahun 2024 yang dirilis pada hari yang sama, lembaga intelijen AS menyatakan China yang ambisius namun cemas, Rusia yang konfrontatif, beberapa kekuatan regional seperti Iran, dan aktor non-negara yang lebih mampu, menantang aturan internasional dan dominasi AS di dalamnya.

Laporan tersebut juga menuduh China "mungkin akan mencoba mempengaruhi pemilu AS pada tahun 2024 pada tingkat tertentu karena keinginan China untuk menyingkirkan kritikusnya dan memperbesar perpecahan masyarakat AS."

Wang menyatakan Perwakilan Khusus China untuk Urusan Eurasia, Li Hui, telah melakukan kunjungan ke Rusia, kantor pusat UE, Polandia, Ukraina, Jerman, dan Prancis awal bulan ini.

Selama kunjungannya, Li membahas resolusi politik dari krisis Ukraina dengan para pejabat setempat, kata Wang.

“Semua pihak sangat menghargai upaya Li dalam mendorong negosiasi perdamaian atas nama China," ujar Wang, menegaskan China dengan tulus berharap "semua pihak terkait akan bekerja menuju gencatan senjata yang segera dan membangun kerangka keamanan Eropa yang seimbang, efektif, dan berkelanjutan."

Baca Juga: Zelenskyy Tolak Seruan Paus Fransiskus untuk Berdamai dengan Rusia, Lontarkan Ucapan Pedas

Kepala Intelijen AS, William Burns, dalam sebuah dengar pendapat di Senat AS hari Senin, (11/3/2024) menyatakan, jika kita terlihat menarik diri dari dukungan terhadap Ukraina, bukan hanya akan menimbulkan keraguan di antara sekutu dan mitra kita di Indo-Pasifik, tetapi juga akan memperkuat ambisi kepemimpinan China dalam berbagai skenario, mulai dari Taiwan hingga Laut China Selatan. (Sumber: Anadolu)

Sementara itu, Pentagon akan segera mengirimkan senjata senilai sekitar $300 juta ke Ukraina setelah menemukan beberapa penghematan biaya dalam kontraknya, meskipun militer masih sangat berutang dan membutuhkan setidaknya $10 miliar untuk memperbarui semua senjata yang telah ditarik dari stoknya untuk membantu Kiev dalam perjuangannya melawan Rusia, menurut pemberitaan Associated Press pada hari Rabu (13/3/2024).

Ini merupakan paket keamanan pertama yang diumumkan oleh Pentagon untuk Ukraina sejak Desember, ketika Pentagon mengakui dana isi ulang telah habis. Baru-baru ini, pejabat secara publik mengakui mereka tidak hanya kehabisan dana penyediaan ulang, tetapi juga berutang $10 miliar.

Pengumuman ini datang ketika Ukraina semakin kehabisan amunisi dan upaya untuk mendapatkan dana segar untuk senjata telah terhenti di DPR karena penentangan dari Partai Republik.

Pejabat AS telah bersikeras selama berbulan-bulan bahwa Amerika Serikat tidak akan dapat melanjutkan pengiriman senjata sampai Kongres memberikan dana penyediaan ulang tambahan, yang merupakan bagian dari RUU pengeluaran tambahan yang tertunda.

Pejabat-pejabat tersebut mengatakan penghematan biaya pada dasarnya menutupi paket baru dan menjaga pengeluaran penyediaan ulang tetap berada di bawah air sebesar $10 miliar.

Pejabat Pentagon mengatakan pada pembicaraan anggaran pada hari Senin bahwa mereka mengandalkan tambahan untuk menutupi lubang penyediaan ulang sebesar $10 miliar tersebut.

“Jika kami tidak mendapatkan $10 miliar itu, kami harus menemukan cara lain,” kata Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks. “Saat ini kami sangat fokus pada kebutuhan akan tambahan itu.”



Sumber : Anadolu / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x