Kompas TV internasional kompas dunia

India Beri Makan Siang Gratis untuk 118 Juta Anak dengan Rp21,77 Triliun, Ini Skemanya

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 09:59 WIB
india-beri-makan-siang-gratis-untuk-118-juta-anak-dengan-rp21-77-triliun-ini-skemanya
Seorang anak sekolah India menyantap makan siang gratis di sebuah sekolah di Bundapani, negara bagian Benggala Barat, 27 Agustus 2014. (Sumber: Manish Swarup/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Program makan siang gratis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menuai pro-kontra karena diperkirakan menelan anggaran hingga Rp450 triliun. Pemerintah selanjutnya dikhawatirkan bakal mengalihkan anggaran dari berbagai sektor krusial untuk menjalankan program makan siang gratis.

Makan siang gratis untuk anak sekolah sendiri bukanlah program baru di dunia, dan sejumlah negara telah menerapkannya lebih dulu. Prabowo secara khusus merujuk India sebagai contoh kesuksesan program makan siang gratis.

India telah memberlakukan program makan siang gratis secara nasional sejak 2001. Pemerintah India diwajibkan memberikan makan siang gratis di sekolah negeri atau sekolah yang dibantu pemerintah melalui putusan Mahkamah Agung India pada November 2021.

Pada tahun pelajaran 2023-2024, pemerintah India menjalankan program makan siang gratis dengan anggaran sekitar 116 miliar rupee atau Rp21,77 triliun. Bagaimana caranya?

Cara pemerintah India menganggarkan makan siang gratis

Secara umum, pemerintah pusat India membagi beban anggaran dengan pemerintah negara bagian/union territory untuk menjalankan program makan siang gratis. Umumnya, pembagian anggarannya adalah 60 persen oleh pemerintah pusat dan 40 persen oleh pemerintah provinsi.

Baca Juga: Pelajaran dari India: Makan Siang Gratis Tingkatkan Prestasi Siswa, tapi Luput Atasi Kekurangan Gizi

Akan tetapi, pada praktiknya, masing-masing negara bagian menanggung proporsi penganggaran yang berbeda-beda. Menurut survei dari Global Child Nutrition Foundation pada 2020, negara bagian di India cenderung menanggung biaya lebih besar dari yang ditetapkan.

Proporsi beban anggaran makan siang gratis cenderung lebih besar bagi negara bagian dengan tingkat produk domestik bruto (PDB) tinggi atau menengah. Pada tahun pelajaran 2018/2019, negara bagian dengan PDB terbesar ke-13, Haryana menanggung hingga 68 persen anggaran makan siang gratis.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan negara bagian ber-PDB rendah seperti Arunachal Pradesh, Nagaland, dan Meghalaya yang menanggung 9 persen anggaran makan siang gratis dibanding alokasi pusat.

Dari total anggaran makan siang gratis, rata-rata tiap negara bagian menghabiskan 65 persen untuk bahan pangan. Sedangkan 35 persen sisanya digunakan untuk membayar honorarium juru masak dan lain-lain.

Makan siang gratis di India rata-rata menghabiskan biaya 1.121 rupee (Rp210.456) per anak per tahun untuk sekolah dasar dan 1.596 rupee (Rp299.633) per anak per tahun untuk sekolah menengah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x