Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Telepon Prabowo, Ucapkan Selamat sekaligus Bilang Begini kepada Presiden Terpilih

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 21:45 WIB
zelenskyy-telepon-prabowo-ucapkan-selamat-sekaligus-bilang-begini-kepada-presiden-terpilih
Duta Besar Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin mengatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menelepon presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, dan mengucapkan selamat atas kemenangannya di Pilpres 2024. (Sumber: Dubes Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin via Instagram)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menelepon presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, untuk mengucapkan selamat.

Zelenskyy mengucapkan selamat usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo sebagai pemenang Pilpres 2024 per Rabu (20/3/2024).

Menurut keterangan Duta Besar Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin, Zelenskyy dan Prabowo juga membicarakan sejumlah hal. Salah satunya, pentingnya partisipasi Indonesia dalam KTT Perdamaian yang digagas oleh Ukraina.

"Kedua pemimpin membicarakan isu-isu global dan agenda bilateral, khususnya terkait Formula Perdamaian (yang diusulkan Ukraina) dan inisiatif-inisiatif humaniter lain," tulis Hamianin melalui unggahannya di Instagram, Kamis (21/3).

"Presiden Zelenskyy menggarisbawahi pentingnya partisipasi Indonesia dalam KTT Perdamaian pertama sebagai salah satu kekuatan global berpengaruh dan pelaku keamanan dan perdamaian global."

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat kepada Prabowo, Ajak Bangun Masa Depan Bersama

Sejumlah pemimpin luar negeri telah mengucapkan selamat kepada Prabowo usai ditetapkan menang oleh KPU.

Presiden China Xi Jinping yang berharap kepemimpinan Prabowo akan berujung pencapaian lebih besar dalam masa depan bersama China-Indonesia.

Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo. Begitu juga dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan ayahnya, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, turut mengucap selamat kepada Prabowo dan mendoakan agar masyarakat Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Pada Rabu (20/3), KPU telah menetapkan paslon Prabowo Subianti-Gibran Rakabuming Raka memenangi Pilpres 2024 dengan raihan 96.214.691 suara. Prabowo menang di 36 dari 38 provinsi yang mengikuti Pilpres 2024.

Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengikuti di urutan kedua dengan 40.971.906 suara, dan menang di dua provinsi.

Sedangkan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara dan berada di posisi ketiga.

Baca Juga: Panglima TNI Bantah Ada Tentara Bayaran asal Indonesia di Ukraina: Hoaks Itu


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x