Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Depak Petinggi Dewan Keamanan Ukraina, Ada Apa?

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 20:25 WIB
zelenskyy-depak-petinggi-dewan-keamanan-ukraina-ada-apa
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Volodymyr Zelenskyy merombak jajaran petinggi dinas keamanan di pemerintahannya per Selasa (26/3/2024). Perombakan ini dilakukan seiring invasi Rusia ke Ukraina yang hampir mencapai tahun ketiga.(Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy merombak jajaran petinggi dinas keamanan di pemerintahannya per Selasa (26/3/2024). Perombakan ini dilakukan seiring invasi Rusia ke Ukraina yang hampir mencapai tahun ketiga.

Zelenskyy mendepak Oleksiy Danilov yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina. Dalam pesan video yang dibagikan pada Selasa (26/3), Zelenskyy berterima kasih kepada Danilov.

Meskipun demikian, sang Presiden tidak mengatakan detail perombakan ini dan sebatas menyatakan Danilov akan "ditugaskan ke area lain".

Baca Juga: Wacana Kirim Pasukan NATO ke Ukraina Mulai Diserukan, Menlu Hungaria Khawatir Perang Dunia III

Zelenskyy mengganti Danilov dengan Oleksandr Lytvynenko, mantan Kepala Dinas Intelijen Asing Ukraina. Tidak diketahui alasan di balik perombakan ini.

Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina sendiri adalah badan koordinasi kebijakan yang beranggotakan pejabat-pejabat tinggi pemerintahan Ukraina dan dikepalai langsung oleh Zelenskyy.

Danilov didepak bersamaan dengan kekurangan personel dan amunisi yang membayangi pasukan Ukraina. Saat ini, pasukan Ukraina mesti mempertahankan front sepanjang lebih dari 1.000 kilometer dari tentara Rusia.

Perombakan ini pun dilakukan usai Zelenskyy memecat panglima militer Ukraina, Jenderal Valeriy Zaluzhnyi. Jenderal Zaluzhnyi digantikan oleh Koljen Oleksandr Syrskyi.

Ketegangan antara Zelenskyy dan Zaluzhnyi mengemuka usai serangan balik Ukraina pada 2023 gagal mencapai target. Zelenskyy kemudian mengalihkan Zaluzhnyi ke pos Duta Besar Ukraina untuk Inggris Raya.

Baca Juga: Ukraina Serang Kapal Perang Rusia, Juga Hancurkan Pusat Komunikasi Armada Laut Hitam di Krimea


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x