Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Klaim Bunuh Petinggi Brigade Qassam Hamas, Deputi Langsung Mohammad Deif

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 22:15 WIB
israel-klaim-bunuh-petinggi-brigade-qassam-hamas-deputi-langsung-mohammad-deif
Militer Israel mengeklaim berhasil membunuh wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa dalam sebuah serangan di Jalur Gaza pada awal Maret 2024. Marwan Issa merupakan wakil komandan Brigade Qassam, organisasi sayap militer Hamas. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV - Militer Israel mengeklaim berhasil membunuh wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa dalam sebuah serangan di Jalur Gaza pada awal Maret 2024. Marwan Issa merupakan wakil komandan Brigade Qassam, organisasi sayap militer Hamas.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari mengaku pihaknya telah memastikan kematian Issa. Sebelumnya, militer Israel mengeklaim Issa bersembunyi di sebuah kamp bawah tanah yang dihantam serangan udara pada 9-10 Maret.

"Kami telah mengecek semua intelijen. Marwan Issa dieliminasi dalam serangan yang kami lakukan sekitar dua pekan lalu," kata Hagari dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Pelapor Khusus PBB: Israel Lakukan Genosida di Gaza, Jatuhkan 25.000 Ton Bom

Akan tetapi, pihak Hamas meragukan klaim tersebut. Pejabat senior Hamas di Lebanon, Osama Hamdan menyebut status Issa hanya bisa dikonfirmasi oleh Brigade Qassam.

"Semua orang tahu, sejak hari pertama Israel telah mengatakan mereka mengincar Brigade Qassam dan komandan-komandan lain. Namun, tanpa pernyataan resmi (dari Brigade Qassam) yang mengonfirmasi kesyahidan tersebut, tidak ada yang bisa memastikan informasi seperti itu," kata Hamdan, Selasa (26/3/2024).

Sementara itu, anggota politbiro Hamas, Izzat Al-Rashq menyerukan agar para pihak tidak memercayai pernyataan-pernyataan Israel. Ia menyebut konfirmasi hanya bisa disampaikan oleh Brigade Qassam.

Marwan Issa sendiri merupakan deputi langsung Mohammad Deif, Komandan Brigade Qassam. Mohammad Deif disebut-sebut menjadi otak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Kelaparan di Palestina: 12 Orang Tewas saat Berusaha Ambil Bantuan Pangan yang Jatuh ke Laut


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x