Kompas TV internasional kompas dunia

Gerhana Matahari Total Selimuti Amerika Utara, Ratusan Juta Orang Berkumpul Saksikan Momen Langka

Kompas.tv - 9 April 2024, 11:24 WIB
gerhana-matahari-total-selimuti-amerika-utara-ratusan-juta-orang-berkumpul-saksikan-momen-langka
Gerhana matahari total terlihat di atas Menara Eiffel Paris di Paris, Texas, Senin, 8 April 2024. (Sumber: AP Photo/Tony Gutierrez)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Kegelapan menyelimuti sebagian besar Amerika Utara pada hari Senin (8/4/2024) waktu setempat, saat gerhana matahari total terjadi. 

Demam gerhana dirasakan oleh warga Meksiko, Amerika Serikat (AS), dan Kanada saat bulan melintasi matahari dan menghalangi cahayanya dalam beberapa saat. 

Cuaca cerah memungkinkan hampir semua orang di Amerika Utara menyaksikan gerhana ini.

Peristiwa alam ini diperkirakan menjadi gerhana matahari dengan penonton terbanyak di benua tersebut, dengan perkiraan disaksikan langsung ratusan juta orang. 

Hal ini tidak mengherankan karena gerhana matahari total baru akan datang lagi ke Amerika Utara dalam 21 tahun ke depan.

Masyarakat menggunakan kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari total di Mazatlan, Meksiko, Senin, 8 April 2024. (Sumber: AP Photo/Fernando Llano)

Awan menyelimuti sebagian besar Texas saat gerhana matahari total mulai melintasi daratan, dimulai di sepanjang pantai Pasifik di Meksiko dan mengarah ke Texas serta 14 negara bagian AS lainnya, sebelum keluar ke Atlantik Utara dekat Newfoundland.

Di Georgetown, Texas, warga di daerah tersebut bisa menyaksikan gerhana matahari total dengan jelas karena cuaca dan langit yang sedang cerah.

“Kami sungguh beruntung,” kata warga Georgetown, Susan Robertson, dikutip dari AP News. “Bahkan saat ada awan pun tetap menyenangkan, karena saat cuaca cerah, rasanya seperti, 'Wow!'” 

“Saya tidak akan pernah melewatkan ini,” kata Ahmed Husseim dari Austin, yang telah mencatat gerhana di kalendernya selama setahun.

Baca Juga: Catat! Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Berikut Fakta-faktanya



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x