Kompas TV internasional kompas dunia

Chad Gelar Pemilu Presiden Usai Belasan Tahun Diperintah Militer

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 01:05 WIB
chad-gelar-pemilu-presiden-usai-belasan-tahun-diperintah-militer
Peta Chad yang bertetangga dengan Libya di Utara, Sudah di Timur, Niger di Barat, dan Kamerun serta Republik Afrika Tengah di Selatan. Pemilih di Chad menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Senin, 6/5/2024, untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan presiden yang lama ditunda. (Sumber: Google Map)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

N'DJAMENA, KOMPAS TV - Pemilih di Chad menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Senin (6/5/2024) untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan presiden yang lama ditunda, diharapkan akan mengakhiri tiga tahun pemerintahan militer di bawah presiden interim, Mahamat Deby Itno.

Deby Itno merebut kekuasaan setelah ayahnya yang memerintah negara itu selama lebih dari tiga dekade tewas dalam pertempuran melawan pemberontak pada tahun 2021.

Tahun lalu, pemerintah Chad mengumumkan masa transisi selama 18 bulan akan diperpanjang selama dua tahun lagi, yang memicu protes di seluruh negeri.

Ada 10 kandidat dalam daftar pemungutan suara, termasuk seorang perempuan. Analis mengatakan Deby Itno diperkirakan akan menjadi salah satu kandidat utama. Figur oposisi utama Yaya Dillo, sepupu dari presiden saat ini, tewas pada bulan Februari dalam keadaan yang belum jelas.

"Selama bertahun-tahun, kami harus mengalami biaya hidup yang tinggi, tanpa solusi," kata Adoumadji Jean, seorang guru di sebuah sekolah menengah negeri di provinsi Moyen-Chari, dalam wawancara dengan The Associated Press. "Kami menginginkan perubahan tahun ini melalui pemilihan ini," ujarnya.

Bersamaan dengan harga makanan yang tinggi yang sebagian disebabkan oleh perang di Ukraina, Chad menyerap gelombang lebih dari setengah juta pengungsi dari Sudan, dan menghadapi ancaman dari pemberontakan Boko Haram yang meluas dari perbatasannya di sebelah barat daya dengan Nigeria.

Baca Juga: Presiden Chad Idriss Deby Itno Dilaporkan Terbunuh di Garis Depan Pertempuran Lawan Pemberontak

Dalam file foto Senin 13 Januari 2020 ini, Presiden Chad Idriss Deby Itno tiba di KTT G5 Sahel di Pau, Prancis barat daya. Presiden Chad Idriss Deby Itno tewas Selasa 20 April 2021 dalam perang melawan pemberontak. (Sumber: Regis Duvignau/Pool Photo via AP, File)

Boko Haram meluncurkan pemberontakan lebih dari satu dekade yang lalu menentang pendidikan Barat dan berusaha untuk menegakkan hukum Islam di Nigeria bagian timur laut. Pemberontakan tersebut menyebar ke tetangga di Afrika Barat termasuk Kamerun, Niger, dan Chad.

Pada bulan Maret, serangan yang pemerintah salahkan kepada Boko Haram menewaskan 7 tentara, memunculkan kembali ketakutan akan kekerasan di wilayah Danau Chad setelah periode perdamaian menyusul suksesnya operasi pasukan Chad tahun 2020 untuk menghancurkan markas kelompok ekstremis itu di sana. Sekolah, masjid, dan gereja dibuka kembali dan organisasi kemanusiaan kembali bekerja di Chad.

Kelompok hak asasi manusia menyerukan penyelidikan atas pembunuhan tokoh oposisi utama Chad, Dillo. Pemerintah mengatakan Dillo tewas selama serangan terhadap Badan Keamanan Negara Nasional oleh kelompoknya, yang dikenal sebagai Partai Sosialis Tanpa Batas. Tetapi sebuah foto Dillo menunjukkan bahwa dia tewas akibat satu tembakan di kepala.

Human Rights Watch mengatakan pembunuhan itu menimbulkan kekhawatiran serius tentang atmosfir pemilihan.

"Dengan lawan-lawannya yang paling signifikan entah dimanfaatkan atau dihilangkan, dan lembaga-lembaga pemilihan kritis ditumpuk dengan pendukungnya, kemenangan Déby Itno hampir pasti," tulis Michelle Gavin untuk Dewan Hubungan Luar Negeri, sebuah think tank yang berbasis di Washington DC.

Negara pengekspor minyak dengan hampir 18 juta penduduknya tidak pernah mengalami pemindahan kekuasaan yang bebas dan adil sejak menjadi independen pada tahun 1960 setelah 40 tahun pemerintahan kolonial Prancis.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x