Kompas TV internasional kompas dunia

Isi Proposal Perjanjian Gencatan Senjata Usulan Qatar-Mesir yang Disepakati Hamas, Israel Bungkam

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 11:16 WIB
isi-proposal-perjanjian-gencatan-senjata-usulan-qatar-mesir-yang-disepakati-hamas-israel-bungkam
Warga Palestina menyambut pengumuman Hamas yang menyatakan mereka menerima proposal gencatan senjata di jalan-jalan di Deir al-Balah, Jalur Gaza, pada Senin, 6 Mei 2024. Namun, Israel mengatakan pada Senin malam akan terus melanjutkan serangan terhadap Rafah, di selatan Jalur Gaza. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Hamas mengumumkan pada Senin (6/5/2024), bahwa mereka telah menerima proposal gencatan senjata yang diajukan Mesir-Qatar untuk menghentikan perang tujuh bulan dengan Israel di Gaza.

Pengumuman itu dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Israel memerintahkan sekitar 100.000 warga Palestina untuk mengungsikan diri dari Rafah di selatan Jalur Gaza, sebagai isyarat bahwa invasi darat yang sudah lama dijanjikan akan segera terjadi.

Belum jelas apakah kesepakatan tersebut akan memenuhi tuntutan utama Hamas yaitu serangan Israel diakhiri dan penaikan pasukan sepenuhnya dari Gaza.

Hamas menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemimpin tertingginya, Ismail Haniyeh, telah menyampaikan kabar tersebut dalam panggilan telepon dengan perdana menteri Qatar dan menteri intelijen Mesir.

Pengumuman Hamas itu disambut dengan sukacita oleh warga Palestina yang menghuni kamp pengungsi di sekitar Rafah. Mereka berharap kesepakatan gencatan senjata akan mencegah serangan darat Israel ke kota tersebut.

Pejabat Hamas menunjukkan salinan proposal gencatan senjata Mesir-Qatar kepada Al Jazeera yang diklaim oleh gerakan tersebut telah disetujui.

Proposal tersebut mencakup tiga fase dan akan mengakhiri perang Israel di Gaza serta pembebasan tawanan Israel yang ditahan di wilayah tersebut dan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Baca Juga: Senjata AS Teridentifikasi Dalam Serangan Israel ke Lebanon yang Tewaskan 7 Paramedis

Warga Palestina meninggalkan kota Rafah di bagian selatan Jalur Gaza, atas perintah militer Israel. (Sumber: AP Photo)

Kesepakatan yang disebut telah disetujui Hamas, kompleks dan terdiri dari tiga fase, masing-masing berlangsung enam minggu.

Pada fase pertama, akan ada penghentian sementara pertempuran antara Hamas dan Israel serta penarikan mundur pasukan Israel ke arah timur, menjauh dari daerah Gaza yang padat penduduk, dan menuju perbatasan antara Israel dan wilayah Palestina.

Pesawat dan drone Israel juga akan berhenti terbang di atas Gaza selama 10 jam setiap hari, dan selama 12 jam pada hari ketika tawanan dibebaskan.

Hamas akan secara bertahap membebaskan 33 tawanan (baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal) dalam fase pertama.

Tawanan-tawanan tersebut adalah perempuan, siapa pun di atas usia 50 tahun, mereka yang sakit, atau bukan prajurit di bawah usia 19 tahun.

Untuk setiap tawanan sipil Israel yang dibebaskan hidup-hidup, Israel akan membebaskan 30 warga Palestina yang ditahannya.

Untuk setiap prajurit perempuan yang dibebaskan oleh Hamas, Israel akan membebaskan 50 warga Palestina.

Penarikan mundur pasukan Israel akan memungkinkan warga Palestina yang terusir untuk kembali ke rumah mereka di seluruh Gaza, yang akan terjadi secara bertahap seiring dengan pembebasan tawanan oleh Hamas.

Terpisah, kesepakatan tersebut menetapkan, pekerjaan rekonstruksi Gaza harus dimulai dalam fase ini, serta aliran bantuan dan izin bagi UNRWA dan organisasi bantuan lainnya dibuka untuk membantu warga sipil.

Pada fase kedua, akan ada akhir operasi militer permanen dan penarikan pasukan Israel sepenuhnya dari Gaza.

Akan ada juga pertukaran tawanan lainnya, kali ini melibatkan semua tawanan pria Israel yang tersisa, termasuk prajurit yang ditawan di Gaza.

Para tawanan Israel itu akan dibebaskan sebagai imbalan atas pembebasan tawanan Palestina yang jumlahnya belum ditentukan.

Fase ketiga akan melihat pertukaran jenazah tawanan dan tawanan yang dipegang oleh kedua belah pihak.

Di sisi pengembangan, fase ini akan melibatkan rencana rekonstruksi tiga hingga lima tahun untuk Gaza dan, mungkin yang paling penting, akhir dari blokade Israel terhadap enklave tersebut yang sudah berlangsung sejak 2007.

Baca Juga: Badan Pengungsi Palestina UNRWA Tolak Perintah Israel agar Mereka Pergi dari Rafah, Gaza Selatan

Asap yang timbul akibat serangan udara Israel di timur Rafah, Jalur Gaza, Senin, 6 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)

Israel Bungkam dan Lanjutkan Pengeboman Rafah




Sumber : Al Jazeera/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x