Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Ngotot Gempur Rafah, Sekjen PBB Desak Gencatan Senjata Segera

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 13:51 WIB
israel-ngotot-gempur-rafah-sekjen-pbb-desak-gencatan-senjata-segera
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengunjungi titik penyeberangan antara Jalur Gaza dan Mesir di Rafah, Sabtu (23/3/2024). (Sumber: Amr Nabil/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengaku "sangat khawatir" dengan potensi serangan besar Israel ke Rafah, wilayah paling selatan Jalur Gaza yang dipadati pengungsi.

Pasukan Israel sendiri mulai meluncurkan operasi pengeboman di Rafah yang kini dipadati jutaan orang, pada Selasa (7/5/2024).

Sebelumnya, militer Israel memerintahkan sekitar 100.000 penduduk di timur Rafah mengungsi ke sebuah kawasan yang ditetapkan sebagai "zona humaniter."

Pemerintahan Israel telah berulang kali mengancam akan menyerang Rafah yang dituduh menjadi basis Hamas.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina 172 Kampus Muhammadiyah, Desak Pemerintah Tak Normalisasi Hubungan dengan Israel

"Saya sangat khawatir dengan indikasi bahwa operasi militer berskala besar di Rafah berkemungkinan dilakukan dalam waktu dekat," kata Guterres via media sosial X, Selasa.

"Perlindungan warga sipil sangat penting dalam hukum internasional," katanya menegaskan.

Militer Israel dilaporkan meluncurkan serangan darat terbatas ke timur Rafah per Selasa. Pasukan Israel disebut hendak menguasai titik penyeberangan Rafah-Mesir.

Pengiriman bantuan kemanusiaan dari titik penyeberangan Rafah pun terhenti karena tank-tank Israel memasuki Rafah hingga sekitar 200 meter dari perbatasan Mesir.

Per Selasa, pasukan Israel dilaporkan mengebom tiga titik di Rafah dan membunuh setidaknya 12 orang Palestina. 




Sumber : Kompas TV, Associated Press, Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x