Kompas TV internasional kompas dunia

FIFA Bergerak Mencari Nasihat Hukum untuk Mendepak Israel dari Sepak Bola Internasional

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 23:30 WIB
fifa-bergerak-mencari-nasihat-hukum-untuk-mendepak-israel-dari-sepak-bola-internasional
Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan pidatonya di Kongres FIFA di Bangkok, Thailand, Jumat, 17 Mei 2024. FIFA akan mencari nasihat hukum independen sebelum mengadakan pertemuan dewan luar biasa pada 20 Juli untuk mengambil keputusan mengenai proposal Palestina untuk mendepak Israel dari keanggotaan FIFA. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BANGKOK, KOMPAS TV - Menghadapi usulan Palestina untuk mendepak Israel dari sepak bola internasional karena konflik dengan Hamas, FIFA hari Jumat (17/5/2024), menyetujui untuk mencari nasihat hukum sebelum mengadakan pertemuan dewan luar biasa dalam dua bulan ke depan.

Presiden FIFA Gianni Infantino menguraikan rencana ini kepada 211 federasi anggota setelah para pemimpin badan sepak bola Palestina dan Israel berbicara di kongres tahunan badan pengelola di Bangkok.

"Karena sensitivitas yang jelas dari masalah ini, FIFA akan meminta nasihat hukum independen untuk menganalisis dan menilai tiga permintaan yang dibuat oleh Asosiasi Sepak Bola Palestina dan memastikan bahwa statuta dan regulasi FIFA diterapkan dengan cara yang benar untuk memastikan proses yang adil," kata Infantino.

"Penilaian hukum harus memungkinkan masukan dan klaim dari kedua asosiasi anggota. Hasil dan rekomendasi akan diteruskan ke dewan FIFA," kata Infantino.

"Karena urgensi situasi ini, sidang dewan luar biasa FIFA akan diadakan sebelum 20 Juli untuk meninjau hasil penilaian hukum dan mengambil keputusan yang tepat."

Federasi sepak bola Palestina telah berbicara di Kongres FIFA setidaknya lima kali sejak 2014 tanpa mencapai kemajuan yang diinginkan.

Masalah sepak bola Palestina dengan Israel dalam dekade ini termasuk pembatasan perjalanan pemainnya, liga Israel yang mencakup tim dari permukiman Tepi Barat, dan krisis kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga: Gianni Infantino Puji Perkembangan Sepak Bola Indonesia: FIFA akan Terus Mendukung

Pemimpin Asosiasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub menyampaikan pidatonya pada Kongres FIFA di Bangkok, Thailand, Jumat, 17 Mei 2024. FIFA akan mencari nasihat hukum independen sebelum mengadakan pertemuan dewan luar biasa pada 20 Juli untuk mengambil keputusan mengenai proposal Palestina untuk mendepak Israel dari keanggotaan FIFA. (Sumber: AP Photo)

Dalam 10 tahun terakhir, FIFA di bawah dua presiden yang berbeda telah menunda pemungutan suara atau keputusan, atau membentuk kelompok kerja untuk melaporkan pada pertemuan berikutnya.

Proposal Asosiasi Sepak Bola Palestina kepada 211 federasi anggota menyerukan "sanksi yang tepat, dengan efek langsung, terhadap tim-tim Israel" dan diperkirakan dalam dokumen FIFA yang dirilis bulan lalu.

Mosi tersebut mencatat "pelanggaran hukum internasional yang dilakukan oleh pendudukan Israel di Palestina, khususnya di Gaza" dan mengutip komitmen konstitusi FIFA tentang hak asasi manusia dan melawan diskriminasi.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x