Kompas TV internasional kompas dunia

Narendra Modi Terpilih Jadi Pemimpin Koalisi Pemenang Pemilu dan Siap Bentuk Pemerintahan Baru India

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 01:05 WIB
narendra-modi-terpilih-jadi-pemimpin-koalisi-pemenang-pemilu-dan-siap-bentuk-pemerintahan-baru-india
Narendra Modi diberi karangan bunga oleh pemimpin senior Partai Bharatiya Janata (BJP) Rajnath Singh, kiri, Presiden partai JP Nadda, kanan, dan Amit Shah, di markas besar partai di New Delhi, India, Selasa, 4 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Perdana Menteri India, Narendra Modi, hari Jumat, 7/6/2024, resmi terpilih sebagai pemimpin koalisi Aliansi Demokratik Nasional (NDA) dan menyatakan siap membentuk pemerintahan baru.

Koalisi Modi dan BJP memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan nasional, meskipun partainya, Bharatiya Janata Party (BJP), gagal meraih mayoritas.

Modi, 73 tahun, akan dilantik sebagai perdana menteri hari Minggu untuk masa jabatan ketiga. Ia akan membentuk pemerintahan koalisi.

Partai nasionalis Hindu BJP yang dipimpin Modi telah memerintah India sebagai bagian dari koalisi NDA selama sepuluh tahun terakhir. Namun, ini adalah pertama kalinya di bawah kepemimpinannya, BJP membutuhkan dukungan dari sekutu regional untuk membentuk pemerintahan.

“Aliansi ini mencerminkan semangat India yang sesungguhnya,” kata Modi setelah BJP dan anggota koalisi mendukungnya sebagai calon perdana menteri.

“Kami tidak pernah kalah dan tidak akan pernah kalah... Itu adalah pemerintahan NDA di masa lalu, masih ada, dan akan terus ada,” tambahnya.

Hasil lengkap pemilu India yang berlangsung selama enam minggu, dimulai pada pertengahan April, diumumkan hari Rabu (5/6/2024). BJP memenangkan 240 kursi, di bawah 272 kursi untuk mayoritas. Koalisi NDA Modi meraih 293 kursi di Dewan Perwakilan yang beranggotakan 543 orang.

Baca Juga: Narendra Modi, Pemimpin Populer namun Kontroversial India Perpanjang Kekuasaan, Ini Kiprahnya

Pendukung Partai Bharatiya Janata (BJP) meneriakkan slogan-slogan saat merayakan keunggulan partainya dalam penghitungan suara di luar kantor partai di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, Selasa, 4 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)

Penantang politik Modi, aliansi INDIA yang dipimpin oleh partai Kongres, memberikan perlawanan yang lebih kuat dari yang diharapkan. Mereka menentang prediksi kemunduran dengan menggandakan kekuatan mereka dari pemilihan sebelumnya hingga memenangkan total 232 kursi.

Sebelum Modi secara resmi terpilih sebagai pemimpin NDA, media lokal melaporkan bahwa dua sekutu regional utama yang dapat menentukan kelangsungan pemerintahan koalisinya, Partai Telugu Desam di Andhra Pradesh dan Janata Dal (United) di Biha, mengincar jabatan di kementerian penting, beberapa di antaranya selama ini dipegang oleh BJP.

Pada Kamis (6/6/2024), oposisi yang baru diperkuat meningkatkan tekanan pada Modi dan BJP. Dalam konferensi pers, juru kampanye utama partai Kongres, Rahul Gandhi, meminta penyelidikan parlemen atas apa yang disebutnya sebagai "skandal pasar saham terbesar." Ia menuduh Modi dan para menteri BJP menyesatkan investor kecil, yang akhirnya kehilangan uang.

Dua indeks utama pasar saham India mencapai rekor tertinggi pada hari Senin setelah survei keluar memprediksi kemenangan besar BJP, tetapi turun tajam pada hari Selasa dan ditutup lebih dari 5% karena angka-angka awal suara mulai masuk.

Dalam wawancara televisi bulan lalu, Modi dan Menteri Dalam Negeri Amit Shah mengatakan pasar akan melonjak ketika hasil diumumkan pada 4 Juni.

BJP membantah tuduhan Gandhi tentang konspirasi antara partai dan peneliti survei, dan menuduh pemimpin Kongres tersebut mencoba mengecilkan hati para investor.


 

 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x