Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Jepang akan Hancurkan Kondominium 10 Lantai, Alasannya Halangi Pemandangan Gunung Fuji

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 15:02 WIB
pemerintah-jepang-akan-hancurkan-kondominium-10-lantai-alasannya-halangi-pemandangan-gunung-fuji
Pemandangan indah Gunung Fuji (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Jepang akan menghancurkan sebuah kondominium 10 lantai berisi 18 unit yang hampir selesai di Tokyo. Upaya penghancuran bangunan ini dipicu oleh keberatan warga setempat karena bangunan tersebut menghalangi pemandangan Gunung Fuji. 

Pengembang yang berbasis di Osaka, Sekisui, itu memberitahu pemerintah setempat mengenai keputusan mereka untuk membatalkan proyek dan menghancurkan gedung  di kota Kunitachi, berlokasi di sebelah barat Perfektur Tokyo itu, dikutip Kyodo News.

Baca Juga: Benarkah Erupsi Gunung Marapi Berdampak pada Gunung Fuji di Jepang? PVMBG Sebut Satu Ring of Fire

Sekisui mengaku kurang mempertimbangkan nilai-nilai lokal, meski telah menurunkan ketinggian bangunan dan mengadakan pertemuan dengan warga.

Sebelumnya, layar hitam besar dipasang di kota lain di negara tersebut untuk mencegah wisatawan mengambil gambar Gunung Fuji dari trotoar.

Bagi masyarakat Jepang, Gunung Fuji adalah salah satu gunung yang dikeramatkan dan dianggap suci. Gunung tertinggi yang terletak di Pulau Honsu itu, merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 1707 hingga 1708.

Baca Juga: Hasil Toulon Cup 2024: Timnas U20 Indonesia Takluk 1-4 dari Jepang U19

Gunung Fuji  juga merupakan salah satu situs bersejarah Jepang yang masuk ke dalam Daftar Warisan Dunia sebagai Situs Budaya pada 22 Juni 2013.

Menurut UNESCO (badan PBB untuk ilmu pengetahuan dan pendidikan), Gunung Fuji telah "menginspirasi seniman dan penyair dan menjadi objek ziarah selama berabad-abad".


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x