Kompas TV internasional kompas dunia

Heboh Ribuan Orang Menelan Ikan Hidup dengan Ramuan Ajaib Sembuhkan Asma di India

Kompas.tv - 15 Juni 2024, 10:23 WIB
heboh-ribuan-orang-menelan-ikan-hidup-dengan-ramuan-ajaib-sembuhkan-asma-di-india
Reaksi dan raut wajah seorang pasien asma setelah menelan ikan hidup dengan ramuan rahasia di Hyderabad, India. Ribuan pasien datang setiap tahun untuk terapi ikan dari keluarga Bathini Goud yang menjaga rahasia ramuan herbal dari generasi ke generasi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

HYDERABAD, KOMPAS.TV - Seorang ibu mendorong anak perempuannya untuk membuka mulut lebar-lebar agar bisa menelan ikan hidup yang mengandung "obat" yang diyakininya bisa menyembuhkan asma sang anak, sementara banyak orang berkerumun, menelan ikan mereka sendiri dengan harapan mendapatkan hasil terbaik.

Setiap musim panas di hari tertentu penderita asma dan penyakit pernapasan pergi ke Hyderabad untuk menelan ikan kecil hidup yang disumpal ramuan herbal rahasia yang hanya bisa dibuat oleh satu keluarga.

Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1845, seorang santo pengembara memberikan formula rahasia ramuan ajaib kepada Veeranna Goud, seorang pria yang tinggal di kota tua Hyderabad, dan menginstruksikannya untuk memberikan ramuan tersebut kepada penderita asma secara gratis.

Sejak itu, keturunan Goud, yang dikenal sebagai keluarga Bathini, mempertahankan tradisi ini dan menjaga formula herbal tersebut tetap rahasia, hanya dibagikan di antara keturunan laki-laki, menurut laporan dari Associated Press, Jumat, 14/6/2024.

"Kakek buyut saya, Veeranna Goud, mewariskan formula rahasia ini kepada anak-anaknya dan mereka mewariskannya kepada anak-anak mereka, dan sekarang kami adalah generasi kelima yang menjaga tradisi ini," kata Kakarna Alkananda, yang membantu mengawasi distribusi, meskipun ia tidak mengetahui formula tersebut.

Dikatakan ikan tersebut akan melewati tenggorokan dan meredakan dahak atau sesak napas.

Baca Juga: Pria India Ini Pecahkan Rekor Dunia, Mengetik dengan Hidung dalam Waktu Cepat

Seorang pria menyiapkan ikan hidup dengan menyumpal pasta herbal kuning ke mulutnya sebelum diberikan kepada pasien asma di Hyderabad, India, Sabtu, 8 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)

"Ibu saya menjalani perawatan ini selama tujuh tahun sekarang, dan itu membawa banyak kelegaan. Dia bernapas lebih mudah, dan serangannya menjadi kurang sering," kata Aash Mohammed, yang melakukan perjalanan lebih dari 20 jam dengan kereta dari ibu kota India, New Delhi, bersama keluarganya.

Keluarga Bathini harus menyebut perawatan ini sebagai "prasadam" yang kira-kira berarti "persembahan" setelah sebuah organisasi lokal yang bekerja untuk menghilangkan kepercayaan takhayul memenangkan gugatan yang melarang mereka menggambarkan perawatan tersebut sebagai "obat".

Namun, praktik ini tetap mendapat dukungan meskipun ada keberatan dari kelompok ilmiah dan lainnya yang mengatakan bahwa tidak ada bukti di balik memakan ikan hidup dengan ramuan rahasia, bahkan menyebutnya tidak higienis.

Orang-orang membeli ikan mereka dari stan departemen perikanan pemerintah di lokasi tersebut. Meskipun perawatan ini gratis, setiap ikan berharga 40 rupee atau sekitar 50 sen.

Setelah mengumpulkan ikan hidup dalam kantong plastik berisi air, masing-masing orang memberikannya kepada petugas yang bekerja dengan keluarga Bathini, yang kemudian memeras pasta herbal kuning ke mulut ikan dan membantu mereka menelannya.

Menurut penyelenggara, ribuan orang telah menggunakan "prasadam" tahun ini. Pemerintah setempat mendirikan struktur sementara untuk acara tersebut sambil mengawasi langkah-langkah keamanan dan sanitasi.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x