Kompas TV internasional kompas dunia

Filipina Ajukan Klaim ke PBB untuk Perpanjangan Landas Kontinen di Laut China Selatan

Kompas.tv - 16 Juni 2024, 01:05 WIB
filipina-ajukan-klaim-ke-pbb-untuk-perpanjangan-landas-kontinen-di-laut-china-selatan
Kapal penjaga pantai Filipina dan China di Laut China Selatan. Filipina hari Sabtu, 15/6/2024, mengajukan klaim ke PBB untuk landas kontinen yang diperpanjang (ECS) di Laut China Selatan, wilayah perairan yang semakin sering menjadi sumber sengketa maritim dengan China. (Sumber: AP Photo/Aaron Favila)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Tito Dirhantoro

MANILA KOMPAS.TV - Filipina mengajukan klaim kepada PBB untuk landas kontinen yang diperpanjang (ECS) di Laut China Selatan, wilayah perairan yang semakin sering menjadi sumber sengketa maritim dengan China, Sabtu, (15/6/2024).

"Hari ini, kami mengamankan masa depan kami dengan mengeklaim hak eksklusif untuk menjelajahi dan mengeksploitasi sumber daya alam di ECS kami," kata Marshall Louis Alferez, asisten sekretaris kementerian luar negeri untuk urusan maritim dan lautan, dalam sebuah pernyataan, seperti laporan Straits Times, Sabtu.

China mengeklaim wilayah perairan hampir seluruh Laut China Selatan, termasuk bagian yang diklaim oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam.

Bagian dari jalur perairan strategis ini, yang dilalui perdagangan senilai $3 triliun setiap tahun, diyakini kaya akan deposit minyak dan gas alam, serta stok ikan.

Pengadilan Arbitrase Permanen pada 2016 menyatakan klaim luas China tidak memiliki dasar hukum, sebuah putusan yang ditolak oleh Beijing.

Kedutaan Besar China di Manila belum segera menanggapi permintaan komentar tentang pengajuan PBB pada Sabtu.

Baca Juga: Ancaman Presiden Filipina, Klaim Perang di Laut China Selatan Bakal Dimulai jika Hal Ini Terjadi

Peta Laut China Selatan. Klaim yang dibuat sejumlah negara atas kepemilikan wilayah perairan di Laut China Selatan. (Sumber: Kementerian Luar Negeri AS via Al Jazeera)

Dalam konfrontasinya dengan kapal pemerintah dan nelayan Filipina, penjaga pantai China meningkatkan penggunaan meriam air, tabrakan, dan taktik menabrak.

Menurut Manila, mereka juga menggunakan laser dengan kekuatan militer. Armada kapal nelayan China dianggap oleh Filipina dan sekutunya sebagai milisi laut.

Filipina berusaha mendaftarkan haknya untuk landas kontinen yang diperpanjang di Wilayah Palawan Barat yang menghadap ke Laut China Selatan.

Pengajuan tersebut, yang disetujui oleh Presiden Ferdinand Marcos Jr., mengikuti studi teknis dan ilmiah yang komprehensif tentang landas kontinen di Laut Filipina Barat, kata kementerian luar negeri, merujuk pada bagian Laut China Selatan yang berada dalam zona ekonomi eksklusif 200 mil laut.

Filipina menyampaikan, pihaknya menggunakan hak berdasarkan Konvensi Hukum Laut PBB untuk menetapkan batas luar landas kontinen, yang mencakup dasar laut dan tanah di bawah area bawah laut hingga 350 mil laut.

PBB pada 2012 mengonfirmasi Benham Rise, yang terletak di lepas pantai timur Filipina dan tidak menjadi sengketa dengan China, sebagai bagian dari landas kontinen yang diperpanjang milik Filipina.



Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x