Kompas TV nasional peristiwa

Sambut Peluang Investasi China di Indonesia, IBA Fasilitasi Delegasi One Belt One Road

Kompas.tv - 22 Juni 2024, 03:00 WIB
sambut-peluang-investasi-china-di-indonesia-iba-fasilitasi-delegasi-one-belt-one-road
International Business Association (IBA) menyambut delegasi Southeast Asia One Belt One Road dari China yang mengadakan kunjungan di Indonesia, Selasa (16/6/2024) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - International Business Association (IBA) memfasilitasi delegasi Southeast Asia One Belt One Road dari China mengadakan kunjungan kerja ke Indonesia.

Kunjungan yang dimulai pada 18 Juni 2024 itu mencakup sejumlah wilayah, yakni Pulau Bintan, Batam, dan Jakarta. 

Ketua Umum IBA, Shan Shan mengatakan, kedatangan delegasi Southeast Asia One Belt One Road dari China bertujuan untuk mengeksplorasi peluang investasi dan memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Dia berharap, kunjungan tersebut mempererat perdagangan dan investas, serta membawa manfaat ekonomi yang signifikan bagi kedua negara.

"China merupakan mitra perdagangan utama Indonesia. Tahun 2023, perdagangan ekspor-impor antara Indonesia-China mencapai 31 persen dari total perdagangan internasional Indonesia. Ke depan, fokus utama kerja sama ini, teknologi hijau dan keberlanjutan," ujar Shan Shan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Indonesian Cat Association Desak Kasus Kucing Dipaku Diungkap!

Sebelumnya, kedatangan delegasi Southeast Asia One Belt One Road dari China di Pulau Bintan, Selasa (18/6/2024), disambut hangat oleh IBA, serta putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Marifah dan suami, Eno Syafrudien.

Kunjungan ini menjadi momentum penting untuk menjajaki peluang investasi di Pulau Bintan dan Batam.

Di Jakarta, delegasi Southeast Asia One Belt One Road memulai kunjungannya dengan audiensi ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Mereka disambut Direktur Kelautan dan Perikanan, Mohamad Rahmat Mulianda, membahas pentingnya teknologi dalam sektor perikanan dan pembukaan jalur perdagangan hasil laut dari Indonesia ke China.

Hari kedua di Jakarta, delegasi bertemu dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong, di kantor KLHK.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x