Kompas TV internasional kompas dunia

Bakal Bertarung Sengit dengan Biden dan Kamala, Ini Kandidat Cawapres Donald Trump

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 07:24 WIB
bakal-bertarung-sengit-dengan-biden-dan-kamala-ini-kandidat-cawapres-donald-trump
Presiden AS, Joe Biden, dan penantangnya Donald Trump dari Partai Republik. Trump mempersempit daftar cawapresnya menjadi beberapa kandidat saat bersiap mengumumkan pilihannya sebelum atau pada Konvensi Nasional Partai Republik bulan depan. Hari Sabtu, 23 Juni 2024, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah membuat keputusan. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV – Donald Trump mempersempit daftar cawapresnya menjadi beberapa kandidat saat bersiap mengumumkan pilihannya sebelum atau pada Konvensi Nasional Partai Republik bulan depan.

Hari Sabtu, 23 Juni 2024, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah membuat keputusan dan orang yang dipilihnya akan hadir hari Kamis malam nanti di Atlanta dalam debat pertama kampanye pemilihan umum melawan Presiden Demokrat Joe Biden.

Pilihan Trump kemungkinan akan menjadi calon utama untuk nominasi presiden Partai Republik empat tahun dari sekarang jika Trump memenangkan masa jabatan kedua, sesuai batas konstitusional. Tapi, wakil ini akan berada di bawah tekanan besar dari Trump dan sekutunya untuk selalu menunjukkan kesetiaan.

Trump berbalik melawan wakil presidennya yang pertama, Mike Pence, setelah Pence menolak upaya Trump untuk membatalkan hasil pemilu 2020, berdasarkan teori konspirasi yang dipromosikan oleh Trump setelah kekalahannya dari Biden.

Pence juga menolak untuk mendukung Trump dalam pilpres ini.

Trump mengatakan pertimbangan utamanya untuk wakil presiden adalah apakah seseorang tersebut memenuhi syarat untuk mengambil alih sebagai panglima tertinggi.

Tapi faktor lain juga bermain: Siapa yang bisa mengumpulkan dana? Siapa yang tampil baik di televisi? Siapa yang akan paling efektif di panggung debat melawan Wakil Presiden Kamala Harris? Siapa yang berisiko mengalahkan Trump, jika ia terpilih pada bulan November, dengan pembicaraan tentang 2028? Dan siapa yang punya "penampilan"?

Kampanye Trump berulang kali memperingatkan bahwa siapa pun yang mengklaim tahu siapa atau kapan Trump akan memilih wakil presiden adalah berbohong, kecuali orang itu bernama Donald J. Trump, atau Trump sendiri.

Dan mengingat kecenderungan Trump untuk ketidakpastian dan drama, rencana yang paling matang pun bisa berubah.

Berikut ini adalah para kandidat teratas menjelang konvensi di Milwaukee yang akan dimulai pada 15 Juli, seperti laporan Associated Press, Senin, 24/6/2024.

Baca Juga: Perang Meme di Pilpres AS: Bagaimana Biden dan Trump Adu Spek dan Mekanik Untuk Raih Simpati Pemilih

Gubernur Dakota Utara AS, Doug Burgum, yang juga orang kaya, 16 Juni 2024. Trump suka orang kaya. Gubernur dua periode dari North Dakota ini jelas sangat kaya. Sebelum menjadi gubernur, Burgum memimpin perusahaan perangkat lunak yang diakuisisi oleh Microsoft lebih dari $1 miliar. (Sumber: AP Photo)

Doug Burgum

Trump suka orang kaya. Gubernur dua periode dari North Dakota ini jelas sangat kaya. Sebelum menjadi gubernur, Burgum memimpin perusahaan perangkat lunak yang diakuisisi oleh Microsoft lebih dari $1 miliar. Ia juga bekerja di pengembangan real estate dan modal ventura serta menghabiskan jutaan dolar untuk kampanye presidennya sendiri.

Burgum awalnya mencalonkan diri melawan Trump untuk nominasi 2024, tetapi gubernur yang kurang dikenal dari negara bagian dengan populasi sedikit ini tidak mendapatkan banyak perhatian. Setelah Burgum mundur, ia segera mendukung Trump.

Sejak itu, Burgum menjadi salah satu pembela Trump yang paling terlihat, sering muncul di televisi, bergabung dalam acara penggalangan dana, dan bepergian ke New York untuk menghadiri persidangan kriminal Trump.

Lebih dari itu, Trump dan Burgum memiliki hubungan pribadi yang baik. Burgum dan istrinya, Kathryn, dikabarkan sangat akrab dengan Trump dan timnya — hubungan semacam itu sangat dihargai di lingkaran Trump. Trump juga menganggap Burgum memiliki penampilan yang tepat — seperti "pilihan dari pusat casting".

Memilih Burgum, dalam beberapa hal, mirip dengan memilih Pence: seorang gubernur yang tenang dan tidak kontroversial dengan popularitas nasional yang lebih kecil. Burgum, 67, tidak akan bersaing dengan Trump untuk mendapatkan sorotan atau langsung mengalahkannya dengan pembicaraan tentang 2028.

Burgum juga membawa uang dan teman-teman kaya ke meja. Tapi apakah Partai Republik menginginkan dua pria kulit putih tua sebagai capres dan cawapres pemilu tahun ini?

Baca Juga: Usai Diputus Bersalah, Sumbangan Dana Kampanye Trump Justru Meroket hingga Rp2,3 Triliun

Senator J.D. Vance saat hadir di persidangan Trump, Mei 2024. Terkenal secara nasional melalui memoarnya, Hillbilly Elegy, J.D. Vance baru menjabat kurang dari dua tahun. Tapi saat di Senat, mantan kapitalis ventura dari Ohio ini membuktikan dirinya salah satu pembela paling gigih dari agenda 'Make America Great Again' Trump. (Sumber: AP Photo)

JD Vance

Menjadi terkenal secara nasional melalui memoar larisnya, “Hillbilly Elegy,” Vance baru menjabat kurang dari dua tahun. Tapi selama waktunya di Senat, mantan kapitalis ventura dari Ohio ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pembela paling gigih dari agenda “Make America Great Again” Trump, terutama dalam hal kebijakan luar negeri, perdagangan, dan imigrasi.

Meskipun awalnya mengkritik Trump, Vance menjadi dekat secara pribadi dengan mantan presiden dan putranya, Donald Trump Jr., yang sering memuji senator ini. Vance sering muncul di media konservatif, sering berdebat dengan wartawan di Capitol Hill dan muncul bersama Trump dalam acara penggalangan dana dan di pengadilan.

Pada usia 39 tahun, Vance akan menyuntikkan energi milenial ke dalam pemilihan yang menampilkan kandidat berusia 81 tahun (Biden) dan 78 tahun (Trump) di puncak tiket partai besar. Dan debat dengan Harris tentu akan sangat panas.

Tapi apakah Trump bisa melupakan catatan penghinaan masa lalu Vance, yang masih sering ia sebutkan? Pada 2016, Vance adalah salah satu pengkritik terkuat Trump, menggambarkan bintang realitas TV saat itu sebagai “penipu total" dan "bencana moral" serta menyebutnya "Hitlernya Amerika."

Vance mengatakan ia terbukti salah oleh kinerja bagus Trump saat menjabat dan sekarang senator ini mencela kaum liberal yang membuat bukunya menjadi laris karena mereka berusaha memahami Trumpisme.

Baca Juga: Organisasi Kulit Hitam Desak Biden Stop Kirim Senjata ke Israel, Potensi Kehilangan Suara di Pilpres

Senator Florida Marco Rubio, yang pernah dianggap sebagai bintang muda GOP atau Partai Republik, kini menjadi suara yang dihormati dalam masalah kebijakan luar negeri dan keamanan nasional di partainya. (Sumber: AP Photo)

Marco Rubio

Jika memilih Vance akan membuat basis Trump bersemangat, memilih senator Florida mungkin akan memperluas daya tarik tiket, terutama di kalangan donor berduit tebal dan Republikan yang lebih moderat dan berorientasi pada kemapanan yang tidak suka dengan retorika dan ekstremisme Trump.

Rubio, yang pernah dianggap sebagai bintang muda GOP atau Partai Republik, kini menjadi suara yang dihormati dalam masalah kebijakan luar negeri dan keamanan nasional di partainya. Anak imigran Kuba ini berbicara bahasa Spanyol dan bisa membantu Trump memenangkan pemilih Hispanik yang sedang dibidik oleh kampanyenya.

Rubio juga dianggap sebagai pendebat yang terampil yang bisa bersaing dengan Harris.

Berjalan bersama Trump mungkin dulunya tampak tidak mungkin, mengingat keduanya adalah rival sengit pada 2016 untuk nominasi Partai Republik dan saling menyerang dengan kejam.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x