Kompas TV internasional kompas dunia

Debat Perdana Biden vs Trump: Isu Besar dan Amunisi Debat Sengit Hari Jumat Pagi

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 08:03 WIB
debat-perdana-biden-vs-trump-isu-besar-dan-amunisi-debat-sengit-hari-jumat-pagi
Joe Biden dan Donald Trump. Dalam debat presiden ini akan sangat banyak yang dipertaruhkan Biden dan Trump dalam debat perdana pemilihan presiden Amerika Serikat, yang akan digelar hari Jumat, 28 Juni 2024, pukul 8.00 WIB.(Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Dalam debat presiden, jarang sekali seorang kandidat memiliki begitu banyak senjata untuk menyerang lawannya, karena itu akan sangat banyak yang dipertaruhkan Joe Biden dan Donald Trump dalam debat perdana pemilihan presiden Amerika Serikat, yang akan digelar hari Jumat, 28 Juni 2024, pukul 8.00 WIB. Pemungutan suara dilakukan November nanti.

Donald Trump dari Partai Republik telah dijatuhi hukuman atas 34 dakwaan kriminal, dengan tuduhan serius lainnya masih dalam proses.

Sebagai presiden, Trump menunjuk tiga hakim yang memilih untuk membatalkan Roe v. Wade dan membatasi akses aborsi di Amerika, yang memicu reaksi keras bahkan di negara bagian konservatif. Rencana besar untuk masa jabatan keduanya juga termasuk janji untuk membalas dendam terhadap musuh politik di kedua partai besar.

Pertanyaan besar bagi Presiden Joe Biden adalah apakah dia bisa memanfaatkan semua ini melawan Trump. Yang paling penting adalah bagaimana Biden dapat menunjukkan energi dan kekuatan di atas panggung.

Kedua kandidat memiliki kelemahan mencolok yang memberikan peluang dan risiko besar bagi lawan mereka.

Mereka akan menghadapi audiens nasional yang besar, termasuk banyak orang yang mungkin baru pertama kali menonton mereka setelah pertandingan ulang tahun 2020 dan tidak akan melihat debat lain hingga September, sehingga setiap keberhasilan atau kesalahan akan sangat diperhatikan.

Debat perdana Joe Biden dan Donald Trump akan dilaksanakan hari Jumat, 28 Juni 2024, pukul 8.00 WIB selama 90 menit di studio CNN di Atlanta.

Pertanyaan Kunci yang perlu diperhatikan kedua kandidat menurut laporan Associated Press, hari Kamis, 27/6/2024, adalah;

Baca Juga: Perang Meme di Pilpres AS: Bagaimana Biden dan Trump Adu Spek dan Mekanik Untuk Raih Simpati Pemilih

Donald Trump, kiri, 24/2/2024, dan Joe Biden, kanan, 27/1/2024. Presiden AS Joe Biden dan pesaingnya Donald Trump, akan bertemu dalam debat hari Jumat, 28/6/2024, yang menawarkan peluang tak tertandingi bagi kedua kandidat untuk mencoba mengubah narasi politik. (Sumber: AP Photo)

Apakah Biden Akan Tampil dan Terlihat Mumpuni?

Ekspektasi terhadap kesuksesan Biden rendah, sebagian besar karena Trump dan sekutu Partai Republik yang terus mengejek usia Biden selama bertahun-tahun.

Sekutu Trump meragukan apakah Biden yang berusia 81 tahun bisa tetap waras dan berdiri selama 90 menit penuh, meskipun Trump yang berusia 78 tahun juga sering melakukan kesalahan dalam pidatonya.

Trump membela diri pada Sabtu lalu terkait kebingungannya antara mantan Duta Besar PBB Nikki Haley dan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi selama pemilihan pendahuluan Republik. Dia mengatakan bahwa kaum liberal telah salah menafsirkan momen tersebut sebagai "genius murni."

Demokrat berharap Biden bisa tampil energik seperti dalam pidato State of the Union awal tahun ini. Namun, berhadapan langsung di televisi melawan lawan yang suka berdebat sangat berbeda dari memberikan pidato yang sudah diatur di depan Kongres.

Tim Biden menyadari bahwa dia tidak bisa tampil buruk di depan seluruh bangsa yang menonton.

Baca Juga: Trump Dipastikan Tetap Bisa Nyapres Walau Diputus Bersalah: Di AS, Napi Boleh Jadi Presiden

Mantan Presiden Donald Trump di pengadilan Manhattan, Kamis, 30 Mei 2024. Dalam debat presiden ini akan sangat banyak yang dipertaruhkan Biden dan Trump dalam debat perdana pemilihan presiden Amerika Serikat, yang akan digelar hari Jumat, 28 Juni 2024, pukul 8.00 WIB. (Sumber: AP Photo)

Dapatkah Trump Menahan Diri?

Setelah mengamankan basis pendukungnya, Trump memiliki peluang dengan pemilih yang masih ragu dan kaum moderat yang mendukung kemenangan Biden empat tahun lalu tetapi kini meragukan kedua kandidat.

Namun, untuk memenangkan "double haters" ini, Trump tidak bisa hanya mengandalkan penghinaan pribadi dan teori konspirasi yang biasanya dia gunakan di publik.

Alih-alih berbicara tentang balas dendam atau menyebarkan kebohongan tentang sistem pemilihan AS, dia perlu menawarkan visi optimis untuk masa depan dan menunjukkan kontras yang jelas dengan Biden dalam isu-isu seperti kesehatan dan pendidikan.

Dia dikritik keras karena perilakunya dalam debat pertama tahun 2020 dengan Biden, di mana dia sering mengganggu Biden. Debat kedua mereka lebih tenang dan berfokus pada visi pemerintahan yang berbeda.

Bisakah dia tetap disiplin pada Kamis malam? Beberapa sekutunya berharap demikian, meskipun sejarah mungkin berkata sebaliknya.

Baca Juga: Bakal Bertarung Sengit dengan Biden dan Kamala, Ini Kandidat Cawapres Donald Trump

Presiden Joe Biden mengenakan kacamata hitam setelah membuat lelucon tentang menjadi persona Dark Brandon saat makan malam Asosiasi Koresponden Gedung Putih di Washington Hilton di Washington, 29 April 2023. Kedua kampanye presiden tahun ini telah menggunakan meme digital, lingua franca media sosial. (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x