Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta-Fakta Insiden Berdesakan di Acara Keagamaan di India yang Tewaskan Lebih dari 120 Orang

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 18:05 WIB
fakta-fakta-insiden-berdesakan-di-acara-keagamaan-di-india-yang-tewaskan-lebih-dari-120-orang
Jenazah korban insiden desak-desakan maut di sebuah upacara keagaman India dibaringkan di luar Rumah Sakit Sikandrarao, Distrik Hathras, negara bagian Uttar Pradesh, India, Selasa (2/7/2024). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

HATHRAS, KOMPAS.TV — Sebuah insiden tragis terjadi di desa di distrik Hathras, Uttar Pradesh, India pada Selasa (2/7/2024) kemarin. 

Lebih dari 120 orang tewas karena  berdesak-desakan setelah menghadiri acara keagamaan yang dipimpin oleh seorang guru Hindu, Bhole Baba.

Berikut fakta-fakta insiden desak-desakan di sebuah acara keagamaan di India Utara tersebut.

Kronologi Kejadian

Dilansir dari Associated Press, insiden ini bermula saat acara keagamaan yang dihadiri oleh sekitar 250.000 orang tersebut akan berakhir.

Acara yang diizinkan hanya untuk 80.000 peserta ini diadakan di dalam sebuah tenda besar di tengah kondisi cuaca yang panas dan lembab.

Pihak berwenang menduga bahwa kelebihan kapasitas, kurangnya pintu keluar, dan pengelolaan yang buruk menjadi faktor utama penyebab kepanikan. 

“Laporan awal menunjukkan bahwa tenda yang tertutup menyebabkan sesak nafas, menimbulkan ketidaknyamanan dan kepanikan di antara hadirin,” ujar pejabat polisi senior, Shalabh Mathur.

Ketika Bhole Baba turun dari panggung, banyak pengikutnya berusaha mendekat untuk menyentuhnya, yang menyebabkan kekacauan.

Para sukarelawan berusaha keras untuk mengendalikan situasi, namun ribuan orang berdesak-desakan menuju pintu keluar yang hanya satu dan kecil. Banyak yang tergelincir di tanah berlumpur dan terinjak oleh kerumunan.

Baca Juga: Update Insiden Berdesakan di Acara Keagamaan India, Korban Tewas Capai 97 Orang

Profil Bhole Baba



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x