Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Filipina Bakal Pecat Semua Pejabat yang Bantu Alice Guo Melarikan Diri

Kompas.tv - 5 September 2024, 18:15 WIB
presiden-filipina-bakal-pecat-semua-pejabat-yang-bantu-alice-guo-melarikan-diri
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. saat berpidato di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Filipina di Quezon City, Senin (22/7/2024). (Sumber: Gerard V. Carreon/Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

MANILA, KOMPAS.TV - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengatakan bakal memecat semua pejabat yang membantu mantan wali kota Bamban, Alice Guo, melarikan diri.

Seperti diketahui, setelah sempat menjadi buronan Filipina, Guo akhirnya ditangkap di Tangerang, Banten, Indonesia pada Selasa (3/9/2024) malam WIB.

“Semua yang terlibat dalam membantu Alice Guo meninggalkan Filipina secara ilegal sebagai buronan hukum, pasti akan menanggung akibatnya. Pertanyaan kalian, siapa yang akan dipecat?” kata Marcos dalam sebuah wawancara singkat di sela-sela briefing situasi di Kamp Aguinaldo, Kota Quezon, Rabu (4/9/2024), dikutip dari Inquirer.

Tak hanya memecat, Marcos juga akan menuntut semua yang terlibat dalam pelarian Guo di pengadilan.

Baca Juga: Polri Negosiasi Tukar Buron Filipina Alice Guo dengan Gembong Narkoba Gregor Johann Haas

"Kami tidak hanya akan memecat mereka, kami bahkan akan menuntut mereka karena apa yang mereka lakukan melanggar hukum dan bertentangan dengan semua kepentingan sistem peradilan Filipina," tegasnya.

Ketika ditanya siapa yang akan dipecat dan dituntut di dalam Biro Imigrasi, Marcos menjawab, "Anda akan segera mengetahuinya."

Sebelumnya, Marcos mengatakan dia sudah memiliki "gambaran yang sangat jelas" tentang siapa yang berada di balik pelarian Guo.

Kasus Alice Guo mulai mencuat pada Maret 2024, ketika pihak berwenang Filipina mengungkap sebuah pusat penipuan besar di kota kecil Bamban.

Kejahatan ini dipimpin oleh Guo, seorang politikus relatif baru yang secara mengejutkan terpilih sebagai wali kota. 

Baca Juga: Buronan Filipina Alice Guo yang Diduga Mata-Mata China Ditangkap di Tangerang, Ini Jejak Kasusnya

Pusat penipuan ini beroperasi dengan menyamarkan dirinya sebagai Philippine Online Gaming Operations (Pogo), sebuah bisnis kasino online yang melayani pasar China daratan, di mana perjudian dilarang.




Sumber : Inquirer




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x