Kompas TV internasional kompas dunia

Banjir Terjang Eropa Tengah, 16 Orang Tewas di Empat Negara

Kompas.tv - 17 September 2024, 12:14 WIB
banjir-terjang-eropa-tengah-16-orang-tewas-di-empat-negara
Pemandangan udara kawasan permukiman yang terendam banjir di Ostrava, Republik Ceko, Senin, 16 September 2024. (Sumber: AP Photo/Darko Bandic)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

WARSAWA, KOMPAS.TV – Banjir besar yang dipicu curah hujan ekstrem melanda kawasan Eropa Tengah, menewaskan setidaknya 16 orang di empat negara, yakni Romania, Polandia, Republik Ceko, dan Austria. 

Bencana tersebut terjadi akibat sistem tekanan rendah yang melintasi kawasan Eropa Tengah dan mengakibatkan hujan dengan intensitas tertinggi dalam beberapa dekade terakhir.

Hingga Senin (16/9/2024), dilansir dari The Associated Press, korban tewas dilaporkan mencapai 16 orang, dengan rincian tujuh korban di Rumania, lima di Polandia, tiga di Republik Ceko, dan satu di Austria.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk segera mengadakan pertemuan darurat dan menyatakan status bencana di wilayah terdampak banjir. Langkah ini diambil untuk mempermudah proses evakuasi dan penyelamatan warga. 

Tusk juga mengumumkan bantuan sebesar 1 miliar zloty (sekitar Rp3,9 triliun) yang akan segera disalurkan kepada para korban yang terdampak.

Sejumlah kota di Polandia, termasuk Warsawa, menggalang donasi makanan bagi para korban banjir. Di kota Nysa, barat daya Polandia, sebuah rumah sakit terpaksa mengevakuasi sekitar 40 pasien karena ancaman banjir. 

Beberapa bendungan jebol, sementara genangan air yang mulai surut meninggalkan tumpukan puing dan lumpur di jalanan.

Di sisi lain, ancaman banjir masih mengintai beberapa kota besar di Polandia, termasuk Opole dan Wroclaw, yang berpenduduk lebih dari 640.000 orang. 

Para ahli memperingatkan bahwa Sungai Oder dapat meluap dan menyebabkan banjir susulan, serupa dengan peristiwa banjir besar yang melanda wilayah tersebut pada 1997.

Di Republik Ceko, status darurat diumumkan di dua wilayah timur laut yang berbatasan dengan Polandia. 

Baca Juga: Topan Yagi Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Vietnam, Korban Tewas Capai 199 Orang




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x