Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Sewot, Kecam Sekjen PBB yang Disebut Akan Hadiri KTT BRICS di Rusia

Kompas.tv - 23 Oktober 2024, 07:35 WIB
ukraina-sewot-kecam-sekjen-pbb-yang-disebut-akan-hadiri-ktt-brics-di-rusia
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres turun dari panggung dalam KTT ASEAN-PBB ke-14 di Vientiane, Laos, Jumat (11/10/2024). (Sumber: AP Photo/Sakchai Lalit)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Ukraina sewot dan melancarkan kecaman keras terhadap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang dilaporkan menerima undangan untuk menghadiri KTT BRICS di Rusia, dan dijadwalkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. 

"Ini adalah pilihan yang salah dan tidak memajukan tujuan perdamaian. Ini hanya merusak reputasi PBB," kata Kementerian Luar Negeri Ukraina di media sosial X, Selasa (22/10/2024). 

Putin menjadi tuan rumah KTT BRICS ke-16 yang digelar di Kota Kazan pada 22-24 Oktober 2024. KTT tersebut dijadwalkan dihadiri 32 negara, dengan 24 diwakili kepala negara, sementara delapan lainnya mengirim pejabat tinggi.

Baca Juga: Xi Jinping kepada Putin di KTT BRICS: Dunia Kacau, tapi Persahabatan China-Rusia Tetap Kokoh

Meskipun partisipasi Guterres belum diumumkan secara resmi, Ukraina menilai keputusan itu adalah pilihan yang keliru dan tidak mendukung perdamaian.

“Ini hanya merusak reputasi PBB,” tegasnya lagi. 

Ketika Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq ditanya pada Senin (21/10/2024) mengenai apakah Guterres akan menghadiri pertemuan tersebut, ia menjawab, "Pengumuman mengenai perjalanan masa depannya akan disampaikan di kemudian hari." 

Topik utama yang kemungkinan akan dibahas dalam KTT BRICS meliputi kerja sama ekonomi, perjanjian perdagangan, serta tantangan yang dihadapi negara-negara anggota kelompok tersebut seperti ketegangan geopolitik, perlambatan ekonomi global, dan perubahan iklim.

Rusia diharapkan akan menyoroti multilateralitas, dengan memanfaatkan platform BRICS untuk melawan struktur tata kelola global yang didominasi Barat.




Sumber : Anadolu




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x