Kompas TV kolom opini

KUBERIKAN SUARAKU PADAMU

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 23:30 WIB
kuberikan-suaraku-padamu
Dua warga negera Indonesia (WNI) tengah melihat daftar caleg di TPS luar negeri. (Sumber: Erik via triaskredensial.com)

Oleh: Trias Kuncahyono

HUJAN tipis-tipis sejak dini hari setia menemani hari Sabtu tanggal 10 Februari kemarin. Bahkan di beberapa bagian Kota Abadi, begitu gelar yang disematkan pada Roma, hujan deras.

Benar, prakiraan cuaca yang dikeluarkan lembaga prakiraan cuaca: sepanjang hari pada 10 Februari,  98 persen diperkirakan akan hujan mulai pukul 08.00, suhu berkisar antara 4 derajat Celsius hingga 12 derajat Celsius. Angin bertiup sedang sampai kencang.

Namun, sejak pukul 09.30 para biarawati dan biarawan dari Indonesia yang berada di Roma, baik berkarya maupun belajar, sudah berdatangan ke kompleks KBRI Takhta Suci. Mereka tak hiraukan hujan gerimis lembut yang terus turun dan angin yang tak habis-habisnya bertiup.

Baca Juga: KULIHAT IBU PERTIWI...

Tujuan mereka hanya satu, menunaikan haknya sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab: memilih presiden dan wakil presiden dan anggota DPR.

Di KBRI Takhta Suci, tercatat 1601 orang sebagai pemilih tetap yang tersebar di seluruh Italia: rohaniwati 1429 orang, rohaniwan dan biarawan 161, serta staf dan keluarga 11 orang (dan Daftar Pemilih Tambahan, 119 orang).

Ada dua TPS yakni di Roma dan Napoli; serta pemilih menggunakan metode mimilih lewat pos. Komandan pemilu di KBRI Takhta Suci: KPPLN adalah Romo Antonius Setyagerawan dan KPPSLN-nya, Romo Alponsus Zeno Kurniawan.

***

Suasana Pemilu 2024 di luar negeri. (Sumber: Erik via triaskredensial.com)

Mereka ikut pesta. pesta demokrasi. Memang, pemilu sering disebut pesta demokrasi. Meski pestanya tidak selalu meriah dan menyenangkan. Pernah suasana pesta mendebarkan, mencemaskan, bahkan menakutkan.

Banyak cerita di dunia internasional, pemilu demokratis yang justru menjadi awal dari ontran-otran. Misalnya, Pemilu 1986 yang menjadi lahirnya Revolusi Kekuatan Rakyat, People Power Revolution dan berujung dengan tumbangnya diktator Filipina, Ferdinand Marcos. Semua itu terjadi karena adanya kecurangan dalam pemilu.

Tetapi, bagaimanapun diakui bahwa demokrasi adalah sistem politik yang bernilai universal. Meskipun, di setiap negara ada ciri khasnya masing-masing.

Karena itu, kata Paus Fransiskus, saat berkunjung ke tanah kelahiran demokrasi, Yunani, Barat tidak perlu mengekspor demokrasi ke negara lain. Namun, yang harus dilakukan adalah membantu negara lain untuk mematangkan demokrasi sesuai dengan karakteristik mereka.

Sebab, tidak setiap orang (negara) menginginkan “demokrasi Barat.” Rakyat China, misalnya, mungkin berpikir bahwa sistem politik mereka yang menganut sistem negara satu-partai, adalah sebuah “demokrasi rakyat.” Kita dulu memiliki “demokrasi terpimpin” lalu kini “demokrasi Pancasila.”

Terlepas dari semua itu, satu hal yang disepakati umum bahwa gagasan demokrasi–yang secara umum diartikan sebagai ‘pemerintahan oleh rakyat”–adalah gagasan yang kuat dan universal. Meskipun para ilmuwan sosial memiliki definisi yang berbeda-beda tentang demokrasi, tapi gagasan tentang self-government, pemerintahan mandiri inilah yang menjadi intinya.

Maka kita semua harus terlibat dalam pengambilan keputusan politik yang berdampak pada kita. Apa yang dilakukan para biarawati dan biarawan WNI di Italia kemarin adalah wujud dari keterlibatan itu.

Dengan senang hati mereka membuang rasa dingin dan pergi ke kompleks KBRI untuk memberikan suara. Seakan apa yang dikatakan Mgr Soegijapranata dulu bergema lagi: jadilah 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x