Kompas TV lifestyle tren

26 Juni Hari Internasional untuk Peduli pada Korban Penyiksaan, Ini Sejarahnya

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 06:00 WIB
26-juni-hari-internasional-untuk-peduli-pada-korban-penyiksaan-ini-sejarahnya
Hari Peduli Korban Penyiksaan diperingati tiap 26 Juni (Sumber: ochumanrelation.org)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 26 Juni sebagai Hari Peduli Korban Penyiksaan untuk menyerukan betapa kejinya penyiksaan dan untuk memberi dukungan kepada korban penyiksaan.

PBB mendefinisikan penyiksaan sebagai penderitaan fisik atau mental yang disengaja kepada seseorang untuk memberikan informasi atau melaksanakan hukuman.

Penyiksaan yang tidak manusiawi telah lama digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan dan masih lazim di banyak bagian dunia.

Menurut PBB, penyiksaan dianggap sebagai salah satu tindakan paling keji yang dapat dilakukan seseorang terhadap sesama manusia.

Baca Juga: Seorang Warga AS Diputuskan Bersalah atas Penyiksaan di Irak, Hadapi Penjara Seumur Hidup

Sejarah Hari Peduli Korban Penyiksaan

Upaya untuk menyatakan penyiksaan sebagai kejahatan telah lama diperjuangkan PBB. Pada tahun 1987, Konvensi Menentang Penyiksaan mulai berlaku, yang menganggap penyiksaan sebagai perlakuan merendahkan martabat yang harus dianggap ilegal.


Sebanyak 171 negara telah menjadi pihak dalam Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Hukuman Lain yang Kejam, Tidak Manusiawi, atau Merendahkan Martabat, yang diilhami oleh Pasal 5 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan prinsip intinya:

“Tidak seorang pun boleh menjadi sasaran penyiksaan atau perlakuan atau hukuman yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat.”

Baca Juga: Setiap Sabtu Keluarga 20 TKI yang Disekap di Myanmar Selalu Waswas karena Dapat Kabar Penyiksaan

Akhirnya, pada 12 Desember 1997, dengan resolusi 52/149, Majelis Umum PBB mengumumkan 26 Juni sebagai Hari Internasional PBB untuk Mendukung Korban Penyiksaan.

Hari itu bertujuan untuk mengakhiri praktik penyiksaan. Banyak organisasi global, termasuk Amnesty International dan Dewan Rehabilitasi Internasional untuk Korban Penyiksaan, menyelenggarakan acara di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak buruk penyiksaan terhadap manusia.

Selain itu, peringatan ini juga menjadi kesempatan bagi Negara Anggota PBB, masyarakat sipil, dan individu di seluruh dunia untuk bersatu melawan penyiksaan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x