Kompas TV lifestyle travel

Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed Solo Agar Tak Menyesal

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 07:10 WIB
ketahui-7-hal-ini-sebelum-berkunjung-ke-masjid-syeikh-zayed-solo-agar-tak-menyesal
Masjid Syeikh Zayed, Solo, Jawa Tengah selalu dipadati pengunjung pada akhir pekan, puncaknya pada waktu salat zuhur hingga waktu salat maghrib, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed Solo agar tidak menyesal.

Bagi sebagian umat Islam di Indonesia, perjalanan ke masjid-masjid besar yang ada di sebuah kota menjadi pengalaman tersendiri. 

Bahkan, masjid dianggap seperti obyek wisata bagi sebagian orang, tak terkecuali Masjid Syeikh Zayed yang terletak di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Banyak masyarakat yang jauh-jauh datang dari luar daerah bahkan luar pulau untuk mengunjungi masjid yang merupakan hadiah dari Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia ini.

Menurut Kepala Satpam Masjid Syeikh Zayed, Nando, pengunjung masjid itu berasal dari berbagai daerah, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, hingga Kalimantan.

"Pengunjung kebanyakan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, tapi sebagian ada juga yang dari Jawa Barat, Banten juga, ada yang juga dari luar pulau seperti Sulawesi, Medan, dan Kalimantan," ujarnya, Minggu (2/7/2023).

Baca Juga: Masjid Sheikh Zayed Solo Ramai Dikunjungi pada Akhir Pekan usai Iduladha, Keamanan Ditingkatkan

Agar tak kecewa saat berkunjung dan beribadah di masjid yang diresmikan Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed (MBZ) pada 14 November 2022 itu, perhatikan tujuh hal ini:

1. Jumlah pengunjung membludak tiap akhir pekan

Masjid yang berkapasitas 10 ribu orang jemaah ini selalu dipadati pengunjung pada akhir pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu.

Menurut Nando, jumlah pengunjung yang datang ke masjid berlantai marmer itu pada akhir pekan bisa dua hingga tiga kali lipat dari hari-hari biasa.

Berdasarkan mesin pemindai yang tersedia, kata dia, ada sekitar 35 ribu sampai 40 ribu orang yang datang pada Sabtu dan Minggu.

"Kalau hari biasa tidak sampai 30 ribu, umumnya hanya 15 ribu. Itu yang masuk ke area masjid," jelasnya.

2. Waktu puncak keramaian pengunjung

Puncak kepadatan pengunjung di masjid yang berdiri di lahan seluas 8.000 meter persegi itu terjadi pada sekitar Pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

"Puncak keramaian itu setelah zuhur sampai habis magrib," kata Nando.

Baca Juga: Libur Panjang Iduladha, Masjid Sheikh Zayed Solo Dikunjungi hingga 50 Ribu Orang

3. Waktu sterilisasi masjid atau waktu bebas pengunjung

Masjid akan dikosongkan dari pengunjung pada sekitar Pukul 22.00 WIB.

Nando menjelaskan, masjid harus bebas pengunjung usai Pukul 22.00 WIB. Pihaknya akan mengingatkan pengunjung untuk meninggalkan masjid pada waktu tersebut.

"Jemaah kami imbau kurang lebih untuk bisa meninggalkan area masjid sekitar jam 22.00, karena saat itu pihak cleaning service itu sudah berdatangan yang sif malam untuk mensterilkan area masjid, di dalam maupun di luar," terangnya.

4. Lokasi toilet dan tempat wudhu perempuan dan laki-laki berjauhan

Banyak pengunjung yang tak membaca tanda yang tertera di area masjid terkait lokasi toilet dan tempat wudhu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x