Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Bahan Aktif Skincare yang Bisa Hilangkan Mata Panda

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 15:02 WIB
5-bahan-aktif-skincare-yang-bisa-hilangkan-mata-panda
Ilustrasi. 5 bahan aktif skincare yang membantu menghilangkan mata panda. (Sumber: Freepik)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mata panda atau lingkaran gelap di bawah mata seringkali menjadi masalah yang membuat seseorang terlihat lelah dan kurang segar. Namun, dengan bahan aktif skincare, mata panda dapat disingkirkan.

Salah satu kunci untuk mencapai hasil yang efektif adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung bahan aktif yang terbukti efektif dalam mengatasi masalah mata panda. 

Dokter kulit di New York, Debra Jaliman, mengatakan ada sejumlah bahan aktif skincare yang bisa membantu menghilangkan mata panda.

Baca Juga: Retinol Tak Disarankan untuk Ibu Menyusui, Ini Bahan Skincare yang Aman Menurut Dokter

Bahan Aktif Skincare untuk Menghilangkan Mata Panda

Dilansir laman She Finds, berikut alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dan tampil dengan mata segar.

1. Retinol

Retinol adalah bentuk vitamin A yang memiliki sifat antipenuaan atau anti-aging dan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Retinol juga memiliki efek memudarkan pigmen pada kulit, termasuk lingkaran gelap di bawah mata. 

“Retinol juga menyebabkan sel epidermis lebih cepat terkelupas. Ini mengelupas lapisan kulit mati yang lebih gelap,” kata Jaliman.

Penggunaan produk yang mengandung retinol secara teratur dapat membantu memperbaiki tampilan lingkaran gelap dan membuat kulit di sekitar mata terlihat lebih cerah.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang memiliki kemampuan mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Bahan aktif ini juga mampu merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit kenyal.

“Vitamin C memblokir konversi tirosin menjadi melanin sehingga menurunkan pembentukan melanin dan mencerahkan kulit,” jelas dia.

Baca Juga: Ternyata Kebiasaan dan Pola Hidup Kita Juga Termasuk Skincare, Percaya?

3. Kafein

Kafein memiliki sifat penyerap yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan kantung mata. Kafein juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi penampilan lingkaran gelap. 

Produk skincare yang mengandung kafein dapat memberikan manfaat dalam mengurangi tampilan mata panda.

4. Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu dari dua bentuk utama vitamin B3 (niacin). Bahan aktif ini mampu melembabkan kulit dan membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

“Ini bekerja dengan mencegah transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit di kulit,” jelas Debra Jaliman.

Seiring waktu, niacinamide dapat membantu mencerahkan kulit bawah mata, mengatur produksi minyak, dan melindungi kulit.

Baca Juga: Mahasiswi di Malang Racik Kulit Jeruk Jadi Skincare Anti-Jerawat

5. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah bahan yang mampu mengikat kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. Menggunakan produk skincare yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu melembabkan kulit di sekitar mata dan mengurangi penampilan garis halus dan kerutan yang mungkin memperburuk tampilan lingkaran gelap.


 



Sumber : She Finds


BERITA LAINNYA



Close Ads x