Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Healing? Ini Cara Melakukannya Menurut Psikolog untuk Sembuhkan Luka Batin

Kompas.tv - 30 Juli 2023, 19:02 WIB
apa-itu-healing-ini-cara-melakukannya-menurut-psikolog-untuk-sembuhkan-luka-batin
Ilustrasi. Istilah healing kini banyak digunakan. Tetapi apa sebenarnya healing itu? Healing adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk menyembuhkan luka batinnya. (Sumber: Unsplash/William Farlow)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah healing kini banyak digunakan. Tetapi apa sebenarnya healing itu? Healing adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk menyembuhkan luka batinnya.

Healing harus dilakukan dengan benar. Meski berbagai upaya dilakukan untuk penyembuhan atau healing, tidak semua luka batin bisa sembuh. Lantas, bagaimana cara melakukan healing?

Pakar psikologi dari Universitas Airlangga (Unair), Dr. Primatia Yogi Wulandari, M.Si., mengatakan healing atau self healing merupakan teknik/intervensi yang dilakukan ketika ada masalah dan gangguan psikologi.

Baca Juga: Cocok Buat Healing! Menikmati Kebun Kopi Sambil Berkemah di Bandung

Self healing dibutuhkan jika seseorang merasa ada sesuatu yang mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari.

“Misalnya, saat kita merasa segalanya menjadi membosankan, sering kehilangan konsentrasi, atau kecemasan yang terkadang tidak memiliki sumber yang jelas,” kata Primatia, Kamis 8 Juni 2021, seperti dikutip dari laman resmi Unair.

Tak hanya perasaan, tubuh juga mengirimkan sinyal ketika kita membutuhkan healing, seperti mudah lelah, keluhan fisik tanpa sebab, hingga sulit tidur.

Baca Juga: Profesor Psikologi Beri 3 Tips Jaga Kesehatan Mental Anak Muda Indonesia

Cara Melakukan Self Healing

Primatia mengatakan, manusia sesungguhnya memiliki kemampuan untuk melakukan proses penyembuhan secara alami. 




Sumber : unair.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x