Kompas TV lifestyle kesehatan

Awas! 7 Hal Ini Ternyata Bisa Memancing Nyamuk Masuk Rumah, Termasuk Bau Tubuh Manusia

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 21:00 WIB
awas-7-hal-ini-ternyata-bisa-memancing-nyamuk-masuk-rumah-termasuk-bau-tubuh-manusia
Ilustrasi nyamuk. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah Anda banyak nyamuk? Jangan terpaku pada hal-hal yang mengusirnya, tetapi fokus untuk mengurangi hal-hal yang memancing nyamuk masuk ke dalam rumah.

Kehadiran nyamuk di dalam rumah menjadi gangguan tersendiri. Mulai dari tidur jadi tak nyenyak hingga risiko terpapar penyakit, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, dan Zika. 

Berikut disajikan beberapa hal yang mampu memancing nyamuk masuk ke dalam rumah, dirangkum dari Family Handyman.

Baca Juga: 9 Bau yang Dibenci Nyamuk, Cara Ampuh untuk Mengusir Serangga Ini dari Kamar

7 Hal yang Memancing Nyamuk

1. Kurangnya ventilasi dan pencahayaan

Ruangan yang lembab dan gelap menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak dan berlindung. 

Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup, baik melalui jendela yang dapat dibuka atau kipas angin, serta cukup cahaya alami dari matahari. Dengan begitu, nyamuk akan lebih sulit berkembang biak dan cenderung menghindari area tersebut.

2. Genangan air

Air yang tersimpan dalam benda-benda seperti ember, tempayan, vas bunga, atau benda lain yang dapat menampung air menjadi tempat yang ideal bagi nyamuk untuk bertelur. 

Pastikan untuk menguras dan mengganti air di dalam benda-benda tersebut secara berkala untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Baca Juga: 12 Tanaman Ampuh Pengusir Nyamuk Alami, Perlu Ada di Rumah Anda

3. Tanaman tertentu

Beberapa jenis tanaman seperti bromelia, teratai, dan tanaman-tanaman lain dengan daun lebar dan bertangkai panjang dapat menampung air di permukaan daun dan tangkainya. Ini akan menjadi tempat yang cocok bagi nyamuk untuk bertelur. 

4. Bau tak sedap

Bau makanan yang menyengat atau sampah yang tidak dibuang dengan tepat menjadi daya tarik bagi nyamuk. Selain itu, nyamuk juga tertarik pada bau tubuh manusia, terutama saat seseorang berkeringat. 

Pastikan untuk menjaga kebersihan rumah, menghindari menyimpan sampah di dalam rumah, serta menggunakan produk anti-nyamuk seperti lotion atau semprotan agar tubuh Anda lebih terlindungi dari gigitan nyamuk.


5. Penempatan barang yang tidak tepat

Beberapa barang di dalam rumah dapat menjadi tempat persembunyian bagi nyamuk. Misalnya, lemari yang jarang digunakan, gorden yang jarang dicuci, atau tumpukan pakaian kotor.

Baca Juga: Banyak Nyamuk di Rumah Anda? Berikut Beberapa Tips untuk Menguranginya

6. Mangkuk peliharaan

Bagi Anda yang memiliki peliharaan, seperti kucing atau anjing, harap perhatikan mangkuk airnya. Mangkuk air yang jarang diganti airnya dapat memancing nyamuk masuk ke dalam rumah.

7. Semak belukar dan potongan kayu

Semak belukar yang tak terawat dan tumpukan potongan kayu di samping rumah ternyata menjadi tempat favorit bagi nyamuk. Pasalnya, tempat itu melindungi mereka dari angin.

Memotong secara teratur dan membersihkan tumpukan tersebut akan membantu meringankan masalah nyamuk.



Sumber : Family Handyman



BERITA LAINNYA



Close Ads x