Kompas TV lifestyle tren

Sering Temukan Ular di Rumah? Berikut 5 Cara Cegah Ular Masuk Rumah Menurut Ahli Biologi

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 20:00 WIB
sering-temukan-ular-di-rumah-berikut-5-cara-cegah-ular-masuk-rumah-menurut-ahli-biologi
Ilustrasi. Foto bertanggal 18 Desember 2015 yang disediakan Wildlife Conservation Society memperlihatkan ular kobra India berusia satu tahun sepanjang 18 inci. Terdapat sejumlah tips untuk mencegah ular masuk rumah yang bisa Anda ikuti. (Sumber: Julie Larsen Maher/Wildlife Conservation Society via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ular masuk ke rumah adalah fenomena menyeramkan yang tak jarang dialami masyarakat Indonesia. Terdapat sejumlah tips untuk mencegah ular masuk rumah yang bisa Anda ikuti.

Ular yang masuk rumah dapat membahayakan keluarga. Sehingga, ular yang masuk ke rumah perlu segera diusir atau dikendalikan.

Dosen Fakiltas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Donan Satria Yudha menyebut ular yang masuk rumah sebaiknya tidak dibunuh. Pasalnya, menurutnya, ular biasanya tidak sengaja masuk rumah karena memburu heewa pengerat.

"Jika ada ular masuk ke rumah, maka disingkirkan hidup-hidup saja agar si ular masih bisa mengontrol populasi hewan pengerat di area luar rumah," kata Donan, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: 5 Tanda Ada Ular di Dalam Rumah, Berikut Cara Menemukan Sarangnya

Apabila pemilik rumah tidak mau rumahnya kemasukan ular, Donan menyarankan penghuni rumah melakukan langkah-langkah berikut. Berikut lima cara mencegah ular masuk ke rumah.

Cara mencegah ular masuk rumah

  1. Mengecek dan memperbaiki celah-celah kecil di rumah agar tidak digunakan sebagai jalan masuk oleh ular
  2. Jangan biarkan barang-barang menunpuk di tempat gelap dan lembap di sudut-sudut rumah
  3. Pelihara hewan seperti kucing, terutama kucing kampung yang cakap menghalau ular yang mau masuk ke rumah
  4. Pasang benda-benda beraroma kuat seperti kamper atau kapur barus karena ular tidak menyukai bebauan menyengat
  5. Bersihkan rumah minmal seminggu dua kali agar tidak ada hewan pengerat atau tumpukan barang di tempat lembap di sudut-sudut rumah

Lebih lanjut, Donan mengungkapkan sejumlah faktor yang kerap "mengundang" ular masuk ke rumah. Berikut faktor-faktor penyebab ular masuk rumah manusia.

3 sebab ular masuk rumah

1. Adanya sisa makanan

Menurut Donan, sisa makanan yang berserakan di rumah dapat menarik hewan pengerat yang merupakan mangsa ular. Ular pun berpeluang masuk ke rumah untuk memburu tikus atau hewan pengerat lain yang tertarik dengan serakan makanan.

"Hewan penegrat adalah salah satu mangsa ular. Ular masuk ke rumah-rumah karena mengejar atau mendeteksi keberadaan tikus di dalam rumah," kata Donan.


2. Adanya sudut gelap dan lembap

Adanya sudut gelap yang lembap, terutama bila disertai tumpukan barang, di rumah dapat menarik perhatian ular masuk ke rumah. Pasalnya, ular menyukai tempat yang gelap dan lembap untuk berlindung.

Ular butuh tempat berlindung yang gelap dan lembap terutama ketika musim hujan atau cuaca sedang dingin.

3. Ular butuh tempat tinggal

Donan menambahkan, ular sering masuk ke rumah karena membutuhkan lingungan hidup yang stabil. Ia menyebut suhu tubuh ular dipengaruhi lingkungan sehingga hewan melata itu suka masuk rumah yang cenderung berhawa stabil.

"Tidak mendadak dingin dan mendadak hangat seperti di luar," ungkap Donan.

Baca Juga: Ular Kobra Mati seusai Gigit Lengan Bocah 8 Tahun di India Ini


 




Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x