Kompas TV lifestyle tren

Benarkah Suara Bisa Mengusir Tikus dari Rumah? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 12 Agustus 2023, 10:27 WIB
benarkah-suara-bisa-mengusir-tikus-dari-rumah-ini-penjelasannya
Ilustrasi. Benarkah suara dapat mengusir tikus dari rumah? (Sumber: AFP/SANJAY KANOJIA via KOMPAS.COM)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu metode yang diterapkan untuk mengusir tikus dari rumah adalah dengan menggunakan suara ultrasonik.

Banyak video yang memperlihatkan cara mengusir tikus dengan suara beredar di platform berbagi video seperti YouTube. Namun, apakah metode ini efektif?

Klaim Suara Dapat Mengusir Tikus

Salah satu alat yang diklaim dapat mengusir tikus yakni generator suara ultrasonik. Perangkat ini beroperasi dengan terus-menerus memancarkan suara berfrekuensi tinggi, di atas tingkat yang dapat didengar oleh manusia. 

Tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University pada 2015 menganalisis pengaruh gelombang ultrasonik terhadap tikus.

Baca Juga: Ternyata Cara Usir Tikus dari Rumah Cukup Mudah, Bisa Pakai 11 Bahan Dapur Ini

Tikus memang peka terhadap gelombang ultrasonik karena memiliki jangkauan pendengaran di atas manusia.

Dalam penelitian tersebut, alat yang digunakan menghasilkan 13 frekuensi antara 5 – 60 kHz yang dapat dipilih melalui keypad.

Skema pengujian yang dilakukan terhadap tikus menggunakan dua kandang yang dihubungkan oleh pipa. Pengujian dilakukan secara langsung dengan mengamati perilaku tikus terhadap makanannya selama 1 bulan.

Pengujian gelombang ultrasonik terhadap tikus dilakukan sebanyak 3 kali untuk setiap frekuensi. Hasilnya, tikus tidak merespons terhadap alat.

Adapun pengujian untuk frekuensi di atas 20 kHz, posisi makan tikus berubah dari kandang ke pipa. Dengan kata lain, gelombang ultrasonik tidak efektif untuk mengusir tikus.

Baca Juga: Jangan Beli Racun Dulu, Berikut Cara Ampuh Usir Tikus, Gunakan Bawang dan Kayu Manis

7 Cara Alami Mengusir Tikus

Ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk mengusir tikus. Beberapa di antaranya merupakan bahan dapur yang mudah dijumpai.

1. Kapur barus

Kapur barus mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan efek kesehatan jika dihirup secara berlebihan.

Bagi manusia, selama tidak berlebihan, kapur barus cenderung tidak terlalu berbahaya. Namun, aromanya dapat membasmi tikus. Letakkan kapur barus di sudut-sudut ruangan, lemari pakaian atau jalur yang sering dilewati tikus.

2. Pasta gigi mint




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x