Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Rahasia Kulit Awet Muda: 8 Cara Ampuh untuk Mencegah Kerutan pada Wajah

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 14:59 WIB
rahasia-kulit-awet-muda-8-cara-ampuh-untuk-mencegah-kerutan-pada-wajah
Ilustrasi. 8 cara ampuh untuk mencegah kerutan pada wajah. (Sumber: valuavitaly on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Waktu berlalu dengan cepat, tanpa kita sadari, tanda-tanda penuaan pada wajah pun tak dapat dihindari. Namun, menjaga kulit agar tetap terlihat segar, kenyal, dan bebas kerutan, bukanlah hal yang mustahil.

Kerutan adalah salah satu tanda umum dari penuaan. Kerutan sering kali menjadi perhatian utama dalam perawatan kulit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dengan perawatan yang tepat dan kebiasaan hidup sehat, kamu dapat memperlambat munculnya kerutan pada wajah.

Kamu juga dapat mencegah dan mengurangi kerutan pada wajah, serta mempertahankan kecantikan alami kulitmu.

8 Cara Ampuh untuk Mencegah Kerutan pada Kulit

Dilansir Healthline.com, berikut 8 cara yang dapat kamu terapkan untuk mencegah kerutan.

1. Pakai sunscreen

Sebuah studi yang dilakukan oleh Maria Celia B. Hughes, Gail M. Williams, Peter Baker, dan Adèle C. Green pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya atau sunscreen dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengoleskan tabir surya dalam keseharianmu untuk kesehatan kulit jangka panjang.

Baca Juga: 7 Bagian Kulit ini Sering Terlewatkan Saat Menggunakan Sunscreen, Hati-hati Berisiko Kanker!

2. Batasi konsumsi gula

Siapa sangka konsumsi gula juga bisa mempengaruhi keriput di wajah. Ini karena ketika dikonsumsi tubuh, gula akan memicu proses yang disebut glikasi dengan produk akhir glikasi lanjutan atau disebut AGEs.

Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh H. P. Nguyen dan R. Katta pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam PubMed Central. Studi ini menyatakan AGEs memecah kolagen dalam tubuh.

Seiring waktu, hal ini akan membuat wajahmu terlihat tua. Dengan begitu, membatasi asupan gula bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi keriput di wajah.

3. Berhenti merokok

Merokok selalu dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah kulit.

Seperti yang disimpulkan penelitian yang dilakukan oleh Okada, Haruko C. M.D, Alleyne, Brendan B.S., Varghai, Kaveh, Kinder, Kimberly M.D., Guyuron, dan Bahman M.D. pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery.

Penelitian ini dilakukan terhadap 79 pasangan kembar identik, di mana masing-masing dari pasangan kembar tersebut salah satunya memiliki kebiasaan merokok.

Temuan yang didapatkan peneliti adalah adanya perbedaan yang mencolok pada kondisi kulit mereka. Kulit pada orang yang merokok, terlihat lebih tua.

4. Tingkatkan asupan beta-karoten




Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x