Kompas TV lifestyle tren

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Danau Toba, 3 Tahun jadi Global Geopark UNESCO

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 08:38 WIB
google-doodle-hari-ini-tampilkan-danau-toba-3-tahun-jadi-global-geopark-unesco
Google Doodle hari ini, Kamis (31/8/2023) menampilkan Danau Toba yang masuk ke sebagai Global Geopark UNESCO. (Sumber: Google)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada yang menarik ketika Anda membuka mesin penelusuran Google, di mana Danau Toba muncul sebagai Google Doodle hari ini, Kamis (31/8/2023).

Google Doodle ikut merayakan tiga tahun penetapan Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO. Danau yang ada di Pulau Sumatera ini, tepatnya masuk wilayah Provinsi Sumatera Utara, disebut sebagai danau kawah yang terbesar dan salah satu yang terdalam di dunia.

Danau Toba merupakan bentukan alam hasil letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba pada ribuan tahun yang lalu, sekitar 74 ribu tahun yang lalu.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun Prof. Dr. Sulianti Saroso, Penggagas KB

Letusan itu menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh hingga membentuk pulau yang dikenal sebagai Pulau Samosir. Pulau ini menjadi tujuan wisata terkenal dan rumah bagi beberapa suku etnis.

Sebagian masyarakat juga percaya bahwa terbentuknya Danau Toba tidak lepas dari legenda yang mengisahkan pemuda bernama Toba dan menikah dengan gadis jelmaan ikan. Keduanya memiliki anak bernama Samosir.


 

Perayaan penetapan Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO oleh Google ini juga menyebut tentang masyarakat adat Batak Toba yang merupakan penghuni asli kawasan Danau Toba.

Tradisi dan keanekaragaman masyarakat Batak Toba menjadi daya tarik tersendiri, termasuk tarian Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu asli.

Danau Toba menjadi destinasi wisata turis lokal maupun turis asing. Pasalnya, kawasan ini menawarkan berbagai aktivitas wisata, seperti bersantai melihat pemandangan atau bermain menggunakan kayak (perahu kecil) melintasi danau.

Baca Juga: Berlayar Mulai Agustus 2023, Ini Tarif Kapal Pinisi Danau Toba

Wisatawan juga bisa mengunjungi kawasan di sekitar Danau Toba, seperti Huta Ginjang untuk bermain paralayang. Air Terjun Sipiso-piso juga bisa menjadi alternatif untuk mereka yang lebih menyukai air.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x