Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Begini Cara Membuat Masker Rambut Lidah Buaya yang Jarang Orang Tahu

Kompas.tv - 1 September 2023, 14:00 WIB
begini-cara-membuat-masker-rambut-lidah-buaya-yang-jarang-orang-tahu
Lidah buaya bermanfaat untuk rambut (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang tumbuh di iklim cerah di seluruh dunia. Tanaman ini mengandung gel yang memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan alami.

Lidah buaya terkenal karena memiliki sifat pelembap dan vitamin yang dapat membantu meringankan kulit terbakar akibat sinar matahari dan luka di permukaan kulit lainnya. Tetapi penelitian terbaru mulai mengungkap manfaat lidah buaya lainnya untuk kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan, lidah buaya dapat membantu mengurangi ketombe. Senyawa tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Dilansir Healthline, berikut manfaat lidah buaya yang dapat digunakan sebagai masker rambut, serta resep pembuatannya.

Menggunakan Gel Lidah Buaya dalam Masker Rambut

Penelitian yang dilakukan oleh Amar Surjushe, Resham Vasani, dan D.G Saple pada tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dermatology menunjukkan, lidah buaya bermanfaat karena memiliki:

  • Kemampuan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit kepala,
  • Efek pelembap,
  • Kandungan enzim dan asam lemak yang dapat membantu mengurangi peradangan,
  • Kandungan vitamin C, E, B-12, asam folat, dan kolin yang dapat membantu menyehatkan dan memperkuat akar rambut.

Namun, apakah lidah buaya hanya cocok untuk jenis rambut tertentu?

Tidak ada penelitian yang menunjukkan lidah buaya paling cocok untuk jenis rambut tertentu. Namun, ahli perawatan rambut mungkin merekomendasikan lidah buaya jika kamu memiliki tipe rambut:

  • Rambut berminyak,
  • Rambut rapuh, kering, atau rusak,
  • Rambut keriting,
  • Rambut alami.

Mencoba gel lidah buaya pada rambutmu merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah gel tersebut cocok untuk kulit kepalamu atau tidak.

Kamu mungkin akan melihat lapisan tipis setelah menggunakan gel lidah buaya pada rambut, jadi pastikan mencucinya hingga bersih setelah menggunakannya sebagai kondisioner atau masker rambut.

Baca Juga: Benarkah Lidah Buaya Dapat Mengatasi Kerutan? Cek Faktanya Menurut Penelitian

Cara Membuat Masker Rambut Lidah Buaya

Masker rambut dapat meningkatkan penyembuhan dan perbaikan yang lebih intens daripada perawatan-perawatan rambut lainnya.

Kamu dapat membeli berbagai jenis masker rambut di toko obat atau secara online. Tetapi kamu juga dapat membuat masker rambut sendiri.

Kamu dapat mengombinasikan gel lidah buaya dengan minyak kelapa untuk membuat masker rambut yang sederhana namun efektif.

Minyak kelapa dapat membantu rambutmu agar terasa lebih lembut, berkilau, dan meningkatkan kekuatan akar rambut. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rambut kusut.

Berikut langkah-langkah membuat masker rambut lidah buaya:

  • Kumpulkan bahan-bahan yang terdiri dari 2 sendok makan gel lidah buaya segar atau yang dapat kamu beli di toko. Sediakan juga 1 sendok makan minyak kelapa. Gunakan minyak kelapa murni pada suhu ruanganmu. Kamu juga dapat mencairkan minyak kelapa padat di dalam microwave.
  • Campurkan gel lidah buaya dan minyak kelapa hingga membentuk pasta halus dan rata.

Cara Memakai Masker Rambut Lidah Buaya

  • Oleskan campuran gel lidah buaya dan minyak kelapa pada rambutmu. Jika kamu memiliki rambut panjang, kamu dapat membagi rambutmu menjadi beberapa bagian untuk membantu mempermudah pemakaian.
  • Oleskan campuran tersebut, dimulai dari pertengahan batang rambutmu dan lanjutkan ke ujungnya. Setelah itu, kamu dapat mengoleskannya dengan lembut ke kulit kepalamu. Kamu juga dapat mengoleskan campuran tersebut ke kulit kepala untuk mengobati ketombe.
  • Setelah itu, sisirlah rambutmu dengan sisir bergigi jarang agar campurannya merata ke seluruh rambut.
  • Tutupi rambutmu dengan topi mandi atau bungkus plastik. Kemudian lilitkan handuk di kepalamu. Hal ini akan membantu melindungi masker agar tidak menetes, serta membantu menjaga rambutmu agar tidak kering.
  • Diamkan selama 30 menit hingga satu jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Bilas masker dari rambutmu dan pastikan rambutmu benar-benar bersih, karena gel lidah buaya dapat meninggalkan residu seperti lapisan tipis di rambut.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Ketombe, Ada Minyak Kelapa hingga Lidah Buaya


 



Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x