Kompas TV nasional peristiwa

Viral Keluhan Influencer soal Paket Mainannya Tertahan di Bea Cukai, Sri Mulyani Buka Suara

Kompas.tv - 28 April 2024, 21:11 WIB
viral-keluhan-influencer-soal-paket-mainannya-tertahan-di-bea-cukai-sri-mulyani-buka-suara
Ilustrasi Bea Cukai. (Sumber: Kompas.com/Andri Donal Putra)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Keluhan seorang influencer, Medy Renaldy tentang produk mainan miliknya yang merupakan hibah, tertahan di Bea Cukai menjadi viral di media sosial.  

Keluhan tersebut disampaikan melalui akun X atau Twitter miliknya, @medyrenaldy_ pada Jumat (26/4/2024).

Menurut Medy dalam unggahannya, paket mainan yang dikirimkan perusahaan Robosen untuk dia review sudah dikirim sejak 15 April lalu.

Paket itu, kata dia, seharusnya tiba pada 25 April, sehingga dia bisa memberikan review mainan yang belum dirilis ini dan mengunggahnya ke media sosial.

Namun, paket mainan Megatron miliknnya tertahan di Bea Cukai dengan keterangan 'Permintaan Dokumen oleh Pejabat Bea Cukai: lampirkan bukti bayar dan invoice pembelian USD 1.699'.

Baca Juga: Jepang Pamerkan Robot 'Firebarion' Bisa Berubah Jadi Mobil dengan Dikendarai Satu Orang

"Harusnya bisa jadi perwakilan kreator Indonesia buat unboxing produk Transformers yang baru aja rilis worldwide, tapi paketku nyangkut di Bea Cukai," tulisnya.

Dalam unggahannya, ia juga mengaku telah mencoba melaporkan keluhan ini via telepon maupun media sosial resmi Bea Cukai. Namun tidak cukup responsif.

Ia kemudian membagikan tangkapan layar yang berisikan penjelasan Bea Cukai bahwa barang hadiah miliknya dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 96 Tahun 2023.




Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x